kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Duh, Eropa temukan kemungkinan hubungan vaksin AstraZeneca dan kasus pembekuan darah


Rabu, 07 April 2021 / 22:57 WIB
Duh, Eropa temukan kemungkinan hubungan vaksin AstraZeneca dan kasus pembekuan darah
ILUSTRASI. Petugas kesehatan menunjukkan vaksin virus corona AstraZeneca di Mandiri University, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (26/3/2021). ANTARA FOTO/Teguh Prihatna.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BRUSSELS. Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) mengatakan pada Rabu (7 April), telah menemukan kemungkinan hubungan antara vaksin virus corona AstraZeneca dan laporan kasus pembekuan darah yang sangat langka pada orang yang telah mendapat vaksin itu.

Masalah keamanan telah mendorong lebih dari selusin negara dalam beberapa pekan terakhir untuk menghentikan penggunaan vaksin virus corona AstraZeneca, yang telah diberikan kepada puluhan juta orang di Eropa.

Langkah ini menyusul laporan yang mengaitkannya dengan gangguan pembekuan darah otak pada beberapa lusin penerima.

Menteri Kesehatan Uni Eropa telah mendapat pemberitahuan, bahwa keputusan EMA tentang keamanan vaksin akan berdampak langsung pada rencana vaksinasi dan membutuhkan tanggapan yang terkoordinasi, sebuah surat yang Reuters lihat menunjukkan.

Surat itu dikirim oleh Kantor Kepresidenan Portugal dari Uni Eropa pada Selasa (6 April) untuk mengundang menteri kesehatan menggelar pertemuan virtual luar biasa hari Rabu, yang akan diadakan segera setelah keputusan regulator obat Uni Eropa.

Baca Juga: Lebih besar mana, manfaat atau risiko AstraZeneca? Ini jawaban WHO

Pengumuman EMA adalah kemunduran baru untuk vaksin virus corona AstraZeneca, yang dijual dengan harga beberapa dollar AS per dosis, dan sejauh ini merupakan yang termurah dan volume paling tinggi yang diluncurkan sejauh ini.

Setelah digunakan secara ekstensif di Inggris dan Eropa daratan, vaksin virus corona AstraZeneca ditetapkan untuk menjadi program vaksinasi andalan di banyak negara berkembang.

Manfaat lebih besar dari risiko

Para ahli mengatakan, bahkan jika hubungan kausal antara vaksin dan penggumpalan darah terbukti, risiko terhadap masyarakat umum untuk mendapatkan pembekuan darah yang serius semakin kecil dibanding risiko dari kemungkinan infeksi virus corona.

Baik EMA dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, manfaat vaksin virus corona AstraZeneca lebih besar ketimbang risikonya.

"Risiko kematian akibat COVID jauh lebih besar daripada risiko kematian akibat efek samping langka ini," kata Direktur Eksekutif EMA Emer Cooke, Rabu, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: AS hentikan produksi vaksin AstraZeneca di pabrik Baltimore, ini penyebabnya




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×