kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi mulai membaik, S&P mengerek peringkat Yunani


Senin, 22 Januari 2018 / 11:06 WIB
Ekonomi mulai membaik, S&P mengerek peringkat Yunani
ILUSTRASI. Perekonomian Yunani


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - ATHENA. Ekonomi Yunani baranjak pulih. Perlahan, negara yang menjadi sumber krisis ekonomi di Eropa ini mulai bangkit. Lembaga pemeringkat dunia pun menaikkan peringkat utang Yunani.

Akhir pekan lalu, Standard & Poor's (S&P) mengerek satu tingkat peringkat utang jangka panjang Yunani dalam mata uang asing menjadi B dengan outlook positif. Sebelumnya, S&P mengganjar rating utang Yunani B-.

Peringkat utang B tersebut masih lima tingkat di bawah level investment grade. Toh begitu, perbaikan peringkat utang tersebut akan membantu Pemerintah Yunani mencari sumber pendanaan ke pasar obligasi pada tahun ini.

Seperti dilansir Bloomberg, pertimbangan S&P menaikkan peringkat utang karena pertumbuhan ekonomi dan prospek fiskal negeri tersebut membaik seiring pemulihan pasar tenaga kerja. ""Pandangan positif terhadap Yunani mencerminkan potensi kenaikan peringkat dari kebijakan dan juga kemampuan pendanaan hingga tahun depan," tulis S&P.

Awal pekan ini, para menteri keuangan zona mata uang euro akan bertemu untuk menilai kepatuhan Yunani menjalankan persyaratan atas dana talangan dari Uni Eropa. Sekaligus untuk menandatangani pencairan pinjaman ke Yunani 6,7 miliar atau setara US$ 8,2 miliar.

Sementara Pemerintah Yunani berharap bisa menjual obligasi lagi ke pasar dalam beberapa minggu depan. Ini sebagai cara Yunani mencari penyangga dana saat bailout berakhir pada Agustus 2018.

Harga obligasi Yunani telah rally sejak Desember 2017 lalu setelah pembicaraan dengan Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF) soal dana talangan berjalan mulus dan tanpa drama seperti pada proses bailout sebelumnya. Kini imbal hasil obligasi acuan 10 tahun turun menjadi 3,83% dari sekitar 7% di tahun lalu.

"Ketidakpastian kebijakan di Yunani telah surut sejak tahun 2015 dan tidak ada perubahan besar dalam lingkungan pembuatan kebijakan," imbuh S&P.

Perbaikan peringkat utang Yunani tersebut yang kali pertama dilakukan S&P dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya, lembaga pemeringkat lain yakni Fitch Ratings juga telah menaikkan peringkat utang Yunani menjadi B- pada Agustus 2017 lalu. Sementara Moody's Investors Service masih memberikan peringkat Caa2 bagi Yunani.




TERBARU

[X]
×