kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Enam pemikiran istimewa jelang akhir tahun dari Warren Buffett


Kamis, 26 Desember 2019 / 10:09 WIB
Enam pemikiran istimewa jelang akhir tahun dari Warren Buffett
ILUSTRASI. Warren Buffett. (Photo by Daniel Zuchnik/WireImage)


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - OMAHA. Tahun baru semakin dekat. Investor kawakan Warren Buffett memiliki sejumlah pemikiran yang sayang jika dilewatan. Pemikirannya bisa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja keuangan investor.

Setiap tahun, Buffett mengeluarkan surat yang ditujukan kepada investor Berkshire Hathaway. Isinya, dia memberikan pandangan sekilas tentang pemikirannya tentang pasar keuangan. Meskipun biasanya terkait dengan investasi profesional, pemikiran Buffett sering kali berhubungan dengan bagaimana seorang individu dapat mengelola uang dengan lebih baik.

Baca Juga: Warren Buffett memberi hadiah Natal berupa saham kepada kerabatnya

The Ezonomics mengambil enam kutipan dari surat-surat Buffett yang fenomenal, termasuk surat dari kakek Buffett tentang pentingnya penghematan dana darurat dan kata-kata manis tentang istri Buffett dan rumah keluarga.

1. Me, myself and I

Pada 2008, Buffett mencatat bahwa ia menjalankan perusahaan dengan hati-hati dan selalu dengan uang yang lebih dari cukup. Kami tidak akan pernah mau mengandalkan kebaikan orang asing untuk memenuhi kewajiban masa depan. ”Dari sudut pandang keuangan pribadi, ini dapat diartikan sebagai, dalam masa yang tidak pasti satu-satunya orang yang dapat Anda andalkan secara finansial adalah diri Anda sendiri. Ini kata-kata bijak Buffett tentang perencanaan dan persiapan.

Baca Juga: Warren Buffett: Kita semua adalah domino dan sangat dekat

2. Mempersiapkan diri untuk "hari hujan"

Pada 2010, Buffett mengutip surat 1939 dari kakeknya Ernest kepada pamannya Fred, putra bungsu Ernest. Surat itu bercerita tentang hadiah uang US$ 1.000 dan pentingnya menyimpan uang untuk digunakan dalam keadaan darurat. Buffett menggunakan surat itu untuk menjelaskan pentingnya uang saat hari hujan atau akses cepat ke uang tunai untuk digunakan saat dibutuhkan.

Baca Juga: Rahasia Bill Gates untuk menjaga pikirannya tetap tajam dan bekerja maksimal




TERBARU

[X]
×