kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ford Motor catatkan kenaikan penjualan kendaraan di China pada periode April-Juni


Kamis, 09 Juli 2020 / 11:51 WIB
Ford Motor catatkan kenaikan penjualan kendaraan di China pada periode April-Juni
ILUSTRASI. Penjualan mobil di China naik


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Ford Motor Co akhirnya sumringah setelah penjualan kendaraan di China pada kuartal II-2020 naik 3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan penjualan pada periode April-Juni 2020 di pasar mobil terbesar dunia ini adalah yang pertama kali bagi Ford Motor dalam hampir tiga tahun. 

Kamis (9/7), Ford Motor merilis, penjualan kendaraan di China pada kuartal kedua ini naik menjadi 158.589 unit. Ini menjadi keberhasilan tersendiri bagi Ford yang sedang berusaha untuk pulih dari kemerosotan penjualan di China. 

Baca Juga: Skandal emas palsu Kingold mengguncang China, ini sejumlah faktanya

Asal tahu saja, penjualan Ford di China pada 2019 silam turun 26% dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal di 2018, penjualan kendaraan Ford juga ambles 37% dibandingkan tahun 2017. 

Sumber-sumber di perusahaan mengatakan, kegagalan penjualan Ford di China dalam dua tahun terakhir terjadi karena jajaran model kendaraan yang dianggap sudah kuno. Selain itu, Ford juga memiliki masalah dengan mitra dagang serta diler di Negeri Tirai Bambu. 

Nah, untuk kenaikan penjualan di bulan April-Juni lalu terjadi berkat penjualan yang kuat pada kendaraan jenis sport dan mobil mewah Luncoln yang merupakan buat lokal. 

Asal tahu saja, di China, Ford Motor membuat perusahaan patungan dengan Chongqing Changan Automobile Co Ltd dan Jiangling Motors Corp Ltd (JMC).

Selain itu kenaikan penjualan kendaraan ditengarai karena adanya permintaan yang kuat dari konsumen setelah pelonggaran lockdown yang dilakukan untuk menghambat penyebaran virus corona di China. 

Kinerja Ford Motor semakin mengesankan karena saingan terdekatnya, General Motors justru mengalami penurunan penjualan di kuartal tersebut. Berdasarkan keterangan perusahaan, sepanjang bulan April-Juni 2020, penjualan GM turun 5,3% menjadi 713.600 unit. 

Baca Juga: Xi Jinping menelepon Vladimir Putin, apa yang dibicarakan?

Secara keseluruhan, penjualan kendaraan di China memang mengalami kenaikan. Asosiasi Produsen Otomotif China melaporkan, penjualan kendaraan di bulan April naik 4,4% dan melesat 14,5% di bulan Mei. 

Asosiasi tersebut juga memperkirakan, penjualan kendaraan di bulan Juni bisa tumbuh 11%. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×