kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

George Floyd segera dimakamkan, ratusan pelayat beri penghormatan terakhir


Selasa, 09 Juni 2020 / 05:29 WIB
George Floyd segera dimakamkan, ratusan pelayat beri penghormatan terakhir
ILUSTRASI. Protes menentang rasisme, kebrutalan polisi dan menuntut keadilan bagi George Floyd di AS.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Ratusan pelayat berduyun-duyun ke sebuah gereja di Texas pada hari Senin untuk menghormati warga Afrika-Amerika George Floyd, yang meninggal dalam tahanan polisi dua minggu lalu. Penghormatan ini terjadi ketika tekanan meningkat di Kongres dan di seluruh Amerika Serikat untuk melakukan reformasi total atas sistem peradilan.

Melansir Reuters, kemarahan pengunjuk rasa atas kematian Floyd, 46 tahun, pada 25 Mei lalu, memberi jalan untuk menjadikan kasusnya sebagai titik balik dalam hubungan ras dan perubahan atas fungsi departemen kepolisian di seluruh Amerika.

Floyd meninggal setelah Derek Chauvin, petugas kepolisian kulit putih yang dituduh membunuhnya, berlutut di lehernya selama sembilan menit di Minneapolis. Ponsel pengamat menangkap adegan ketika Floyd memohon dengan petugas, "Aku tidak bisa bernapas."

Baca Juga: Departemen Kepolisian Minneapolis akan dibubarkan pasca kematian George Floyd

Insiden itu memicu aksi protes selama dua minggu di kota-kota AS, memperdalam krisis politik bagi Presiden Donald Trump, yang berulang kali mengancam akan memerintahkan pasukan militer aktif untuk turun ke jalan-jalan demi mengakhiri kerusuhan yang disertai penjarahan dan vandalisme.

Di Houston, tempat Floyd tumbuh, bendera-bendera Amerika berkibar di sepanjang jalan ke gereja Fountain of Praise ketika ratusan orang hadir untuk prosesi pemakaman. Beberapa pelayat tampak menundukkan kepala mereka, sementara yang lain membuat tanda salib ketika mereka mencapai peti mati Floyd.

Baca Juga: Seorang pria kendarai mobil ke kerumunan demonstran di Amerika, lalu tembak pendemo

"Saya senang dia mendapatkan kartu pos yang layak diterimanya," Marcus Williams, seorang warga kulit hitam berusia 46 tahun dari Houston, mengatakan di luar gereja. “Saya ingin pembunuhan oleh polisi dihentikan. Saya ingin mereka mereformasi proses untuk mencapai keadilan, dan menghentikan pembunuhan."




TERBARU

[X]
×