kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Global Payment beli perusahaan penerbit kartu kredit seharga US$ 21,5 miliar


Selasa, 28 Mei 2019 / 20:43 WIB
Global Payment beli perusahaan penerbit kartu kredit seharga US$ 21,5 miliar


Sumber: Bloomberg | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pembayaran digital, Global Payments Inc. sepakat untuk membeli Total System Services Inc. senilai US$ 21,5 miliar. Menurut orang-orang yang mengetahui hal ini, kesepakatan merger ini menjadi yang terbesar ketiga di industri pembayaran tahun ini.

Bloomberg, Selasa (28/5) menyebut Chief Executive Officer Global Payments Jeff Sloan akan memimpin perusahaan gabungan tersebut. Sementara CEO Total Sistem Troy Woods akan menjadi ketua perusahaan.

Dengan proses merger itu, maka Global Payments Inc akan menjadi pemegang saham mayoritas Total System Services yaitu 52% dari total saham. Sementara sisanya masih dimiliki oleh Total System.

Kesepakatan itu datang ketika pelaku usaha menuntut bagian yang lebih besar dari hampir US$ 100 miliar yang dihabiskan para merchant untuk biaya gesek setiap tahun.

Fiserv Inc. mengumumkan pengambilalihan First Data Corp senilai US$ 22 miliar pada bulan Januari 2019, dan saingannya Fidelity National Information Services Inc. setuju untuk membeli Worldpay Inc. hanya selang dua bulan setelah itu yakni seharga $ 34 miliar.

Total System Services adalah perusahaan yang menerbitkan kartu kredit dan debit di perbankan dengan menyediakan layanan pemrosesan pembayaran, merchant dan layanan pembayaran kepada lembaga keuangan dan non-keuangan di berbagai negara. Kehadiran perusahaan ini membantu bank untuk mengelola portofolio kedua kartu tersebut mulai dari mendeteksi kartu hingga penipuan serta menghitung jumlah komisi.

Perusahaan yang berbasis di Columbus, Georgia adalah penyedia layanan terbesar di negara itu, mengelola sekitar 40% dari akun domestik Visa Inc. dan Mastercard Inc. Tahun lalu perusahaan pembayaran global yang berbasis di Atlanta ini telah mengakuisisi perusahaan merchant terbesar kelima di negara itu. Hal ini membantu proses bisnis dalam menangani pembayaran kartu kredit dan debit.

Jumat lalu, saham Global naik sebanyak 7,3% setelah Bloomberg News melaporkan bahwa perusahaan telah mengadakan pembicaraan tentang kesepakatan potensial aksi korporasi tersebut. Sementara bisnis layanan Total Sistem Service melonjak paling banyak dalam sembilan tahun.

Transaksi seluruh saham, yang akan diumumkan Selasa pagi di New York, akan memberikan pemegang Total System 0,8101 saham Global Payment untuk setiap saham biasa yang mereka miliki.


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×