kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak anjlok lagi menjelang sanksi AS kepada Iran berlaku


Rabu, 31 Oktober 2018 / 06:28 WIB
Harga minyak anjlok lagi menjelang sanksi AS kepada Iran berlaku
ILUSTRASI. Pengeboran minyak di Iran


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak turun lebih dari 1% pada hari Selasa karena ada tanda-tanda meningkatnya pasokan dan kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi global dan permintaan bahan bakar akan menjadi korban perang perdagangan AS-China.

Minyak mentah Brent berjangka turun US$ 1,43 (-1,9%) menuju di US$ 75,91 per barel. US crude futures West Texas Intermediate (WTI) turun 86 sen menjadi US$ 66,18 per barel (-1,3%).

Pada awal sesi, Brent mencapai sesi rendah US$ 75,09 per barel, terendah sejak 24 Agustus. WTI merosot ke US$ 65,33 per barel, terlemah sejak 17 Agustus.

Harga sedikit berubah dalam perdagangan pasca-penyelesaian setelah kelompok industri American Petroleum Institute melaporkan persediaan minyak mentah AS naik 5,7 juta barel pekan lalu, lebih dari perkiraan analis untuk pembangunan 4,1 juta barel.

Investor akan melihat data resmi pemerintah tentang cadangan minyak AS yang akan dirilis Rabu.

Kedua benchmark minyak mentah itu telah jatuh sekitar US$ 10 per barel dari harga tertinggi empat tahun yang dicapai pada minggu pertama bulan Oktober dan berada di jalur harga terendah sejak Juli 2016.

"Satu diskusi yang sedang berkembang adalah bahwa ketegangan perdagangan merugikan permintaan untuk minyak mentah. Mungkin ada unsur kebenaran untuk itu," kata Bob Yawger, direktur berjangka di Mizuho di New York.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan harga minyak yang tinggi merugikan konsumen dan dapat mengurangi permintaan bahan bakar pada saat kegiatan ekonomi global melambat.

Produksi minyak dari Rusia, Amerika Serikat, dan Arab Saudi mencapai 33 juta barel per hari (bpd) untuk pertama kalinya pada September, data Eikon Refinitiv menunjukkan.

Itu adalah peningkatan 10 juta bpd sejak awal dekade ini dan berarti ketiga produsen itu sendiri sekarang memenuhi sepertiga permintaan minyak mentah global.

Amerika Serikat akan memberlakukan sanksi baru terhadap minyak mentah Iran mulai pekan depan, dan ekspor dari Republik Islam Iran sudah mulai turun. Arab Saudi dan Rusia mengatakan mereka akan memompa cukup minyak untuk memenuhi permintaan setelah sanksi AS diberlakukan.

"Fakta bahwa kelemahan harga ini berkembang tepat sebelum peberlakuan resmi sanksi minyak Iran menunjukkan pasar yang dipasok berlimpah di mana pasokan tambahan dibawa ke pasar dengan baik sebelum kemungkinan akselerasi dalam penurunan ekspor Iran," kata Jim Ritterbusch, presiden. Ritterbusch and Associates, mengatakan dalam sebuah catatan.




TERBARU

[X]
×