kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini dalam sejarah: Uni Soviet kirimkan anjing pertama ke luar angkasa


Selasa, 03 November 2020 / 11:05 WIB
Hari ini dalam sejarah: Uni Soviet kirimkan anjing pertama ke luar angkasa
ILUSTRASI. Laika menjadi penumpang pertama dalam program pengiriman anjing ke luar angkasa yang dilakukan Uni Soviet.


Sumber: History | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tanggal 3 November ditandai sebagai momen bersejarah dalam upaya manusia melakukan eksplorasi ruang angkasa. Hari ini 63 tahun yang lalu, Uni Soviet berhasil mengirimkan anjing ke luar angkasa.

Laika, seekor anjing Soviet dikirim ke orbit Bumi menggunakan roket Sputnik 2. Dengan ini Uni Soviet berhasil meluncurkan hewan pertama ke luar angkasa.

Melansir History.com, Laika merupakan anjing jalanan yang ditemukan di Moskow sebelum akhirnya direkrut untuk menjadi bagian dalam dalam program luar angkasa Soviet.

Sebagai anjing percobaan, tubuh Laika dipasangkan perangkat elktroda yang memberi informasi penting tentang efek biologis dari perjalanan luar angkasa kepada para ilmuwan yang ada di Bumi. Anjing betina ini pada akhirnya mati setelah baterai sistem pendukung kehidupannya habis.

Sebelum berhasil meluncurkan manusia ke luar angkasa, Soviet setidaknya telah mengirimkan selusin anjing dalam misi luar angkasa. Di antaranya ada lima anjing yang mati dalam penerbangan.

Baca Juga: Tsar Bomba, bom nuklir terbesar, diledakkan tanggal ini 59 tahun lalu

Soviet baru berhasil mengirimkan manusia ke luar angkasa pada 12 April 1961. Saat itu kosmonot Soviet, Yuri Gagarin, berhasil menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan pesawat Vostok 1.

Laika, anjing pertama yang terbang ke luar angkasa

Melansir Britannica, Laika adalah anjing bertubuh kecil dengan bobot sekitar 6 kg berusia 2 tahun dan berasal dari ras campuran.

Laika sengaja dipilih karena anjing betina dianggap lebih cocok secara anatomis daripada jantan untuk kurungan tertutup. Layaknya astronot manusia, Laika berlatih untuk hidup di atas satelit dengan belajar tinggal di ruang yang kecil.

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: Uni Soviet luncurkan satelit buatan pertama di dunia




TERBARU

[X]
×