kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IDC: Penjualan iPhone di China turun 20% pada kuartal keempat


Senin, 11 Februari 2019 / 23:16 WIB
IDC: Penjualan iPhone di China turun 20% pada kuartal keempat


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Penjualan iPhone Apple Inc di China turun 20% secara tahunan pada kuartal keempat tahun 2018. Sementara penjualan untuk smartphone Huawei yang merupakan produk lokal melonjak 23%. Ini adalah data dari perusahaan riset industri IDC yang dirilis Senin (11/2).

Laporan ini adalah laporan pertama yang menyebutkan angka penurunan penjualan Apple di China. Bulan lalu, CEO Apple Tim Cook memangkas prediksi penjualan kuartalan akibat penurunan penjualan di China. 

Apple tidak lagi menjelaskan angka terperinci pengiriman iPhone dalam kinerja kuartalan. Artnya, survei dan pengecekan angka di berbagai kanal penjualan yang dilakukan perusahaan riset seperti IDC merupakan angka paling dekat dengan angka penjualan. 

Angka-angka dalam laporan menunjukkan penurunan 19,9% dalam pengiriman smartphone Apple pada kuartal terakhir 2018. Sementara Huawei tumbuh 23,3%. Penurunan penjualan ini menyebabkan pangsa pasar Apple turun menjadi 11,5% dari 12,9% tahun sebelumnya.

"Selain upgrade kinerja smartphone reguler pada 2018 dan perubahan kecil pada eksterior, belum ada inovasi besar yang mendukung pengguna untuk membeli ponsel baru dengan harga yang sangat meningkat," kata IDC dalam laporan yang dikutip Reuters.

"Kondisi makro yang buruk di China dan serangan terhadap produk-produk inovatif merek domestik juga menjadi alasan terus menurunnya Apple."

Sebuah laporan terpisah dari sumber umum lain, Counterpoint yang berbasis di Hong Kong, awal bulan ini mengkonfirmasi penurunan tajam yang sama dalam penjualan di India. India merupakan pasar berkembang besar Apple lainnya. 

Counterpoint mengatakan penjualan iPhone pada kuartal keempat, yang bertepatan dengan festival Diwali, turun 25% tahun ini, mengurangi total penjualan pada 2018 menjadi 1,7 juta unit dari 3,2 juta setahun sebelumnya. Pada festival Diwali, penjualan elektronik biasanya melesat




TERBARU

[X]
×