kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

India jual paket data internet termurah di dunia US$ 0,26


Jumat, 08 Maret 2019 / 18:26 WIB
India jual paket data internet termurah di dunia US$ 0,26


Sumber: BBC | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Keseringan berselancar di dunia maya bisa membuat isi kantong jebol hanya untuk membeli paket data internet. Namun, hal itu tidak perlu dikhawatirkan jika Anda tinggal di negara India.

Suatu situs perbandingan harga Cable.co.uk, mengeluarkan kajian, yang menyebut India sebagai negara yang paling murah untuk menjual belikan paket data internat. Menurut situs ini, bahwa data internet sebesar satu gigabyte (GB) dijual dengan harga US$ 0,26 sementara di Inggris bisa mencapai US$ 6,66.

Penelitian ini membandingkan harga paket data di 230 negara di seluruh dunia. Inggris berada di peringkat ke-136 dalam daftar. Data seluler termurah di Eropa Barat adalah di Finlandia dengan harga rata-rata US$ 1,16 untuk 1 GB data.

Sementara Denmark, Monako dan Italia menawarkan paket data di bawah harga US$ 2. Selain itu, masih ada 15 negara lain di Eropa Barat yang memiliki harga lebih murah di bandingkan Inggris. Di Eropa Timur, Polandia adalah yang termurah dengan harga US$ 1,32 per gigabyte, diikuti Rumania US$ 1,89 dan Slovenia US$ 2,21.

Analis telekomunikasi Cable Dan Howdle mengatakan perbendaan harga ini di tiap negara di dunia cenderung rumit. Menurutnya, sejumlah negara memiliki infrastruktur telepon genggam dan broadband tetap yang sangat baik, dan para provider dapat menawarkan data dalam jumlah besar, sehingga menurunkan harga per gigabyte.

“Yang lainnya dengan jaringan broadband yang tidak semaju itu sangat tergantung pada data telepon genggam dan ekonomi mendikte harga harus rendah, karena di harga itulah orang mampu membayar," kata Dan, yang dikutip BBC, Selasa (5/3).

Sementara posisi negara termahal dalam daftar, menurutnya sering kali terjadi pada negara-negara dengan infrastruktur kurang baik, diiringi tingkat konsumsi yang juga rendah. Orang-orang sering kali membeli paket data hanya puluhan megabyte dalam satu kali, sehingga membuat gigabyte menjadi besar dan mahal.

Zimbabwe adalah negara termahal untuk membeli paket data internet dengan rata-rata biaya 1GB seharga US$ 75,20. Afrika memiliki harga termurah dan termahal, dengan Rwanda, Sudan dan Democratic Republic of Congo semuanya menawarkan harga data di bawah US$1 tetapi Equatorial Guinea dan Saint Helena yang masing-masing mengenakan biaya US$ 50 per 1GB.

Sementara sebanyak 20 negara di Asia masih menjual dengan harga murah. Hanya Taiwan, Cina dan Korea Selatan yang menjual lebih tinggi di atas rata-rata dunia. Harga data seluler di Amerika Serikat adalah salah satu yang paling mahal, rata-rata US$ 12,37. Penelitian ini mengkaji paket katu SIM dan menyertakan serangkaian paket dari semua provider di setiap negara.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×