kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Infineon Tech sepakati konsesi keamanan nasional AS demi muluskan akuisisi Cypress


Senin, 16 Maret 2020 / 18:08 WIB
Infineon Tech sepakati konsesi keamanan nasional AS demi muluskan akuisisi Cypress
ILUSTRASI. logo Infineon


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Peninjauan investasi asing di perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) yang dilakukan pemerintahan Trump rupanya tidak hanya terhadap investor asal China saja. Investasi dari negara lain juga ditinjau ulang dengan tujuan menjaga keamanan nasional.

AS sebelumnya gencar membatasi cengkeraman investasi China terutama di perusahaan teknologi AS yang dinilai berisiko menimbulkan gangguan keamanan. Yang terbaru, perusahaan pembuat cip asal Jerman yakni Infineon Technologies AG juga harus menghadapi perlakukan yang sama dengan investor China.

Baca Juga: Ditekan AS, Beijing Shiji diminta jual saham StayNTouch

Menurut sumber Bloomberg, Infineon Tech akhir menyetujui kesepakatan konsensi keamanan nasional untuk menyelesaikan kekhawatiran AS agar bisa mengakuisisi perusahaan AS Cypress Semiconductor Corp senilai US$ 8,7 miliar.

Kesepakatan pengambilalihan Cypress Semiconductor sebelumnya menghadapi perlawanan dari Badan Pelindungan Keamanan Nasional AS yang meninjau investasi asing di perusahaan-perusahaan AS. Tugas Komite Investasi Asing di AS dalam kesepakatan itu rahasia. Sementara rincian perjanjian dan kekhawatiran pemerintah tidak diungkapkan.

Pemerintahan Trump telah memperketat pengawasan terhadap investasi asing di AS untuk mencegah negara lain, terutama Cina, dalam pengambilalihan teknologi.

Perjanjian mitigasi dapat mencakup langkah-langkah seperti membatasi akses ke fasilitas dan informasi kepada warga negara AS, memungkinkan pemerintah meninjau keputusan bisnis tertentu dan lain-lain.

Cypress dan Infineon, yang masih membutuhkan persetujuan resmi di China sebelum mereka dapat menutup kesepakatan, menolak untuk mengomentari persetujuan Cfius. Cfius sebagai regulator tidak mengomentari pekerjaannya.

Kesepakatan Cypress akan mengangkat Infineon ke dalam 10 besar pembuat chip global berdasarkan penjualan. Sementara Infineon akan mendapatkan sepertiga dari penjualannya di China. Pelanggannya termasuk Huawei Technologies Co yakni raksasa telekomunikasi China yang dikhawatirkan beberapa pejabat AS dapat digunakan oleh Beijing untuk memata-matai negara lain atau mengganggu komunikasi. Huawei menghasilkan sekitar 2,4% dari penjualan Infineon.

Produk-produk Cypress digunakan oleh industri kedirgantaraan dan pertahanan. Sebagian besar produk Cypress masuk ke perangkat konsumen dan peralatan industri. 
Perusahaan ini menyuplai dalam jumlah terbatas chip memori yang dikeraskan yang tahan terhadap panas dan faktor lingkungan lainnya yang mungkin menghapus data.

Baca Juga: Perang dagang memukul industri chip Amerika

Infineon telah menghadapi masalah keamanan nasional sebelumnya. Pada 2017, perusahaan ini mencoba membeli Wolfspeed, unit semikonduktor dari Cree Inc yang berbasis di AS, tetapi kesepakatan itu diblokir oleh Cfius.

Trump telah memblokir tiga pengambilalihan dengan alasan keamanan nasional, pengambilalihan Qualcom Inc oleh Broadcom Inc., penjualan Lattice Semiconductor Corp kepada investor yang didukung Cina dan pembelian managmen hotel properti StayNTouch Inc oleh Beijing Shiji Information Technology Co.




TERBARU

[X]
×