kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia miliarder dunia yang jadi politisi, Hary Tanoe masuk daftar


Minggu, 29 Desember 2019 / 09:09 WIB
Ini dia miliarder dunia yang jadi politisi, Hary Tanoe masuk daftar
ILUSTRASI. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump


Sumber: Forbes | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sebelum Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) pada 2016 yang menjadikannya presiden miliarder pertama dalam sejarah Amerika, selama dekade terakhir, puluhan miliarder mencalonkan diri untuk jabatan publik dalam pemilihan umum di seluruh dunia.

Mengutip Forbes, selain Trump, saat ini ada dua negara lain dengan seorang miliarder di pucuk pimpinan. Presiden Chile dan investor miliarder Sebastián Piñera, yang menjabat sejak tahun lalu, berada di posisi kedua setelah masa jabatan empat tahun sebelumnya berakhir pada 2014.

Republik Ceko juga dipimpin miliarder. Perdana Menteri Ceko Andrej Babiš, merupakan pebisnis sektor pertanian yang memenangkan kursi perdana menteri pada tahun 2017. Forbes memperkirakan kekayaan bersih Babis mencapai US$ 3,6 miliar yang menjadikannya pemimpin negara terkaya di dunia, mengalahkan kekayaan Trump yang senilai US$ 3,1 miliar.

Baca Juga: Jeff Bezos jadi orang terkaya dunia lagi setelah saham Amazon pecahkan rekor

Namun memiliki harta miliaran dolar tidak selalu menjamin kemenangan. Di Ukraina, "raja cokelat" Petro Poroshenko memenangkan kursi kepresidenan pada tahun 2014. Saat itu Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai US$ 1,3 miliar.

Namun pada pemilihan tahun ini. Poroshenko kalah dari komedian Volodymyr Zelensky. Di Rusia, salah satu pemilik Brooklyn Nets, Mikhail Prokhorov, hanya mengumpulkan 8% suara dalam upayanya untuk menggeser Vladimir pada tahun 2012 silam.

Pendiri Foxconn, Terry Gou, juga gagal melenggang ke kompetisi kursi presiden Taiwan. Miliarder Taiwan itu hanya menempati urutan kedua dalam pemilihan pendahuluan presiden 2019 untuk partai oposisi Taiwan, Kuomintang Party.

Tidak setiap miliarder mencari jabatan tertinggi di negerinya. Banyak yang memperebutkan kursi di parlemen.

Contohnya, pengusaha baja India, Savitri Jindal duduk di badan legislatif negara bagian India Haryana dari 2005 hingga 2014 dan memiliki kekayaan bersih US$ 6,5 miliar.

Baca Juga: Ini 10 miliarder yang nilai kekayaan melonjak tinggi dalam satu dekade terakhir

Ada juga Chung Mong-Joon Korea Selatan yang memiliki kekayaan bersih US$ 1,2 miliar, keturunan pendiri almarhum Hyundai yang menghabiskan lebih dari dua dekade di parlemen sebelum mengundurkan diri pada 2014 setelah gagal mencalonkan diri sebagai walikota Seoul.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×