kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini rahasia Steve Jobs sukses dalam presentasi dan public speaking


Jumat, 24 Juli 2020 / 09:09 WIB
Ini rahasia Steve Jobs sukses dalam presentasi dan public speaking
ILUSTRASI. Ini rahasia Steve Jobs agar sukses dalam presentasi dan public speaking. Justin Sullivan/Bloomberg *** Local Caption *** Steve Jobs


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meskipun sudah hampir 9 tahun sejak Steve Jobs meninggal, karyanya tetap digemari banyak orang. Founder Apple ini meninggalkan banyak hal yang menarik untuk dibahas. Salah satunya berkaitan dengan presentasi dan public speaking.

Selama hidupnya, Steve Jobs dikenal sebagai public speaker yang mahir. Dalam setiap presentasi, Steve Jobs mampu menyampaikan materi dengan baik dan mudah diterima. 

Selain penguasaan materi, ada satu hal yang membuat presentasi Steve Jobs sukses. Gestur badan Steve Jobs menjadi salah satu kunci presentasi nya selalu sukses. 

Bahasa tubuh Jobs mampu "menyihir" penonton untuk tetap fokus pada materi yang disampaikan. Apa saja gestur yang dilakukan Steve Jobs? Berikut bahasa tubuh yang diterapkan Steve Jobs dalam presentasi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi buku dari Bill Gates, pengembangan diri dan wawasan 5 Rekomendasi buku dari Bill Gates, pengembangan diri dan wawasan

  • Tatapan mata yang intens

Menurut Business Insider, Steve Jobs selalu mempertahankan tatapan matanya ke arah penonton. Penemu Apple ini akan menatap para penonton dengan intens, namun dengan sorot mata yang hangat.

Gestur tubuh ini membuat perhatian audience tetap terfokus pada Steve Jobs. Penonton akan tertarik untuk mengikuti alur presentasi yang disajikan.

Saat Anda berbicara di hadapan banyak orang, pastikan tatapan Anda selalu mengarah pada mereka. Tatapan mata akan membuat sebuah "koneksi". Koneksi ini membuat penonton merasa terlibat di dalam presentasi Anda. 

  • Tersenyum 

Selain tatapan mata yang fokus ke penonton, Steve Jobs tidak lupa selalu tersenyum. Senyuman membuat suasana presentasi Jobs menjadi lebih hangat dan akrab.

Steve Jobs selalu menjelaskan dengan suasana yang positif dan hangat. Saat menyampaikan materi, sesekali Jobs melempar senyuman hangat pada penonton.

Meskipun materi yang diberikan cukup berat, senyuman bisa membantu menghidupkan suasana. Sesekali lempar gurauan-gurauan kecil agar presentasi Anda lebih “hidup”.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×