kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah pembagian harta gono gini perceraian CEO Amazon Jeff Bezos


Kamis, 10 Januari 2019 / 13:53 WIB
Inilah pembagian harta gono gini perceraian CEO Amazon Jeff Bezos


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Pasca pengumuman perceraian Chief Executive Officer (CEO) Amazon Jeff Bezos dan  istrinya, MacKenzie , spekulasi pembagian harta mereka merebak.

Dari riset KONTAN di sejumlah media luar negeri, belum jelas benar pembagian asset yang mereka miliki pasca bercerai.  Hanya, spekulasi menyebut bahwa kemungkinan Jeff Bezos akan mencari cara untuk mempertahankan dominasinya di Amazon.

Namun, jika Bezos dan MacKenzie memilih untuk mengajukan di negara bagian Washington, di mana mereka memiliki rumah dan Amazon berkantor pusat, aset yang mereka kumpulkan selama 25 tahun pernikahan akan dianggap milik keduanya,  kecuali jika mereka memiliki perjanjian  pranikah.

Jeff Bezos  sejauh ini masih menjadi pemegang saham terbesar Amazon dengan kepemilikan saham  mencapai 16,3%, berdasarkan pernyataan perusahaan di tahun 2018. Dia juga mendirikan perusahaan antariksa Blue Origin dan membeli The Washington Post,  selama 25 tahun pernikahannya dengan MacKenzie.

Jika keduanya sepakat bercerai di negara bagian Washington, Amerika Serikat, berdasarkan hukum di sana, semua aset dan utang selama pernikahan menjadi milik bersama.  Undang-undang di sana menyebut aset dan utang akan dibagi secara adil, kecuali ada perjanjian pranikah atau sebaliknya.  Hanya belum diketahui apakah Bezos dan MacKenzie memiliki perjanjian tersebut atau tidak.

Hanya, pengacara perceraian yang berbasis di Seattle, David Starks mengatakan bahwa pembagian yang adil tidak selalu berarti bahwa aset akan dibagi sama besar atau 50/50.

Menurut dia, dalam kasus-kasus tertentu, pengadilan akan berusaha untuk meratakan aset sehingga kedua belah pihak memiliki dasar yang sama dalam jangka panjang. Jika salah satu pasangan memiliki potensi penghasilan yang lebih besar, misalnya, orang tersebut mungkin menerima lebih sedikit aset karena ia lebih mungkin mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri untuk jangka panjang.

Lantas bagaimana dalam kasus perceraian  The Bezoses? Jeff memiliki kekayaan bersih sebesar US$ $ 137 miliar, menurut Indeks Billionaires Bloomberg. Spekulasi menyebut pembagian kekayaan bersih ini akan dibagi rata oleh keduanya.

Rencana perceraian ini memang memantik penasaran banyak pihak lantaran ini adalah kali pertama miliarder melakukan perceraian. Publik dibuat penasaran atas pembagian orang terkaya dunia tersebut serta penasaran atas kendali Jeff Bezos atas perusahaan-perusahaan yang mereka bangun selama pernikahan.  

Salah satunya yang bisa menjadi rujukan adalah perceraian Rupert Murdoch dengan istri keduanya Anna setelah menikah lebih dari 30 tahun. Selama pernikahan itu juga, Murdoch membangun kerajaan media. Bedanta, mereka memiliki perjanjian pranikah.

Pembagian kekayaan Bezoses barangkali akan berat.  Pasalnya, pembagian aset tersebut dikhawatirkan akan mempengaruhi  harga saham  Amazon secara signifikan. “Pengaruhi ke harga saham  Amazon yang menjadi perhatian public,” tandas  Jordan Neyland, asisten profesor hukum di George Ma.




TERBARU

[X]
×