kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah pesan simpati Xi Jinping soal virus corona ke seluruh dunia


Senin, 16 Maret 2020 / 13:48 WIB
Inilah pesan simpati Xi Jinping soal virus corona ke seluruh dunia
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping. REUTERS/Aly Song


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping mengirimkan pesan simpati ke Uni Eropa, Korea Selatan, Iran, dan Italia atas wabah virus corona pneumonia baru. Melansir China Daily, para pakar berpendapat, pesan Xi Jinping telah menunjukkan dukungan kuat China kepada kawasan yang dilanda bencana dan negara-negara dalam memerangi pandemi.

Pesan yang dipublikasikan pada akhir pekan itu, lanjut pakar, juga menunjukkan bahwa China sebagai pemain internasional yang besar dan bertanggung jawab, siap untuk memperkuat kerja sama internasional dengan seluruh dunia untuk memberantas penularan.

Xi menyampaikan pesan tersebut ketika perjuangan China melawan wabah telah mencapai hasil positif dengan hanya 20 kasus baru yang dikonfirmasi yang dicatat pada hari Sabtu - 16 di antaranya diimpor dari luar negeri. Di luar China, jumlah pasien yang terinfeksi telah meningkat menjadi 71.380 pada hari Minggu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Bantu Prancis, induk Louise Vuitton ubah pabrik parfum jadi hand sanitizer dadakan

Xi mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa China menjunjung tinggi konsep komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dan menyatakan bahwa negara-negara harus bergabung untuk menjaga kesehatan publik global.

Dalam pesannya kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Xi menyatakan terima kasih atas bantuan yang dikirim ke China dari negara tetangga.

Baca Juga: Ada wabah corona, nilai impor dari China turun US$ 1,95 miliar

Virus itu tidak mengenal batas, dan pada gilirannya, China tahu betapa sakitnya perasaan Korea Selatan, kata Xi. Dia menambahkan bahwa China akan terus mendukung upaya tetangganya untuk menahan virus itu, dan bersedia bekerja sama dengan Korea Selatan untuk membantunya mengatasi kesulitannya sesegera mungkin.

Dalam pesannya kepada Presiden Iran Hassan Rouhani, Xi menghargai dukungan dan bantuan dari pemerintah Iran dan orang-orang selama perang China melawan epidemi, dan dia mengatakan bahwa China memberikan bantuan kepada Iran.

China siap untuk meningkatkan kerja sama dengan Iran untuk mengatasi epidemi, kata Xi, menambahkan bahwa ia yakin negara itu pasti akan menang atas wabah itu.

Baca Juga: WHO: Kasus COVID-19 yang terkonfirmasi sudah melampaui 150.000

Dalam pesannya kepada Presiden Italia Sergio Mattarella, Xi mengatakan Cina dengan tegas mendukung upaya Italia melawan penyakit itu.

Xi menunjukkan bahwa hanya melalui solidaritas dan kerja sama yang dapat manusia menghadapi semua jenis risiko dan tantangan global.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×