kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Insiden baku tembak Korea Utara dengan Korea Selatan terjadi di perbatasan


Minggu, 03 Mei 2020 / 11:43 WIB
Insiden baku tembak Korea Utara dengan Korea Selatan terjadi di perbatasan
ILUSTRASI. Korea Utara menembakkan beberapa tembakan ke arah Selatan di Zona Demiliterisasi yang membagi semenanjung Korea pada Minggu (3/5).


Sumber: Channel News Asia | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara menembakkan beberapa tembakan ke arah Selatan di Zona Demiliterisasi yang membagi semenanjung Korea pada Minggu (3/5). Aksi tentara Korea Utara itu mendorong pasukan Korea Selatan untuk membalas tembakan tersebut.

Baku tembak yang langka tersebut terjadi setelah kemunculan kembali sehari sebelumnya pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke publik. Kim hampir tiga minggu absen dari mata publik yang memicu spekulasi kuat tentang kesehatannya.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, satu pos penjagaan Korea Selatan dihantam beberapa tembakan dari Utara. Tidak ada korban yang dilaporkan di pihak Korea Selatan.

Baca Juga: Kim Jong Un muncul lagi, Donald Trump: Senang melihat dia kembali

"Militer kami merespons dengan dua putaran tembakan dan pengumuman peringatan sesuai dengan manual kami," kata dia seperti dikutip Channel News Asia, Minggu (3/5).

Korea Selatan sedang berkomunikasi dengan Korea Utara melalui hotline militer mereka untuk menentukan penyebab insiden itu.

Duo negara Korea tersebut secara teknis tetap berperang setelah Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada tahun 1953. Terlepas dari namanya, Zona Demiliterisasi adalah salah satu tempat yang paling dibentengi di bumi, penuh dengan ladang ranjau dan pagar kawat berduri.

Meredakan ketegangan militer di perbatasan mereka adalah salah satu kesepakatan yang dicapai antara Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae-in pada pertemuan puncak di Pyongyang pada September 2018.

Tetapi sebagian besar kesepakatan belum ditindaklanjuti oleh Korea Utara, dengan Pyongyang sebagian besar memutus kontak dengan Seoul.

Baca Juga: Resmikan pabrik pupuk, Kim Jong Un akhirnya muncul ke publik




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×