kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,82   2,18   0.24%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iran membantah pesawat Ukraina jatuh akibat diterjang rudal


Jumat, 10 Januari 2020 / 10:11 WIB
Iran membantah pesawat Ukraina jatuh akibat diterjang rudal
ILUSTRASI. Serpihan pesawat Ukraina yang jatuh di Iran. (Dok. Reuters)


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Iran membantah pada hari Kamis (9/1) bahwa pesawat Ukraina yang jatuh di dekat Teheran akibat diterjang rudal. Hal itu diungkapkan oleh juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei dalam sebuah pernyataan, seperti yang disiarkan oleh TV pemerintah Iran.

"Semua laporan ini adalah perang psikologis melawan Iran ... semua negara yang warganya berada di pesawat dapat mengirim perwakilan dan kami mendesak Boeing untuk mengirim perwakilannya untuk bergabung dalam proses penyelidikan kotak hitam," tegasnya.

Sebuah laporan awal yang dikeluarkan oleh organisasi penerbangan sipil Iran pada hari Kamis mengatakan, pesawat berusia tiga tahun, yang memiliki jadwal pemeliharaan terakhir pada hari Senin, mengalami masalah teknis segera setelah lepas landas dan mulai menuju ke bandara terdekat sebelum jatuh.

Baca Juga: Soal pesawat Ukraina, PM Kanada: Kami tidak akan berhenti sampai mendapat keadilan

Sebelumnya diberitakan, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mengatakan pada hari Kamis (9/1), sebuah pesawat Ukraina yang jatuh di Iran, menewaskan semua 176 orang di atas pesawat, kemungkinan ditembak jatuh oleh rudal Iran. Dia mengutip intelijen dari Kanada dan sumber lainnya.

Reuters menuliskan, "Penembakan pesawat, yang membawa 63 warga Kanada, mungkin dilakukan secara tidak disengaja," kata Trudeau dalam konferensi pers di Ottawa.

“Kami memiliki intelijen dari berbagai sumber, termasuk sekutu kami dan intelijen kami sendiri. Bukti menunjukkan bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh rudal darat-ke-udara Iran,” katanya.

Baca Juga: Pejabat AS: Sistem rudal Iran tak sengaja menembak jatuh pesawat komersial Ukraina

Penerbangan Ukraina International Airlines ke Kiev dari Teheran jatuh pada hari Rabu selang beberapa jam setelah Iran menembakkan rudal balistik di dua pangkalan militer AS di Irak, dan Iran dalam siaga tinggi dalam merespons militer AS.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×