kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jeff Bezos akan membayar pajak Rp 91 triliun per tahun bila Warren jadi Presiden AS


Minggu, 03 November 2019 / 05:35 WIB
Jeff Bezos akan membayar pajak Rp 91 triliun per tahun bila Warren jadi Presiden AS
CEO Amazon Jeff Bezos


Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINTGON. Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) masih menunggu berbulan-bulan lagi, tapi nominasi calon presiden dari Partai Demokrat Senator Elizabeth Warren telah melipatgandakan pajak kekayaan dalam programnya bila terpilih jadi Presiden AS tahun depan. 

Sontak rencana tersebut akan menyasar orang terkaya dunia CEO Amazon Jeff Bezos.

Baca Juga: Bill Gates sempat rebut gelar orang terkaya dunia dari Bos Amazon Jeff Bezos

Mengutip CNBC,  Minggu (2/11), sebagai bagian dari rencananya untuk membayar “Medicare for All,” Warren akan menggandakan tarif tertinggi pajak kekayaannya menjadi 6% dari 3%.

Itu berarti Jeff Bezos akan membayar lebih dari US$ 6,5 miliar atau setara Rp 91 triliun (Kurs 1 US$=Rp 14.000) pajak kekayaan tahun ini saja.

Belum lagi pajak baru lainnya yang direncanakan Warren bagi orang kaya, yang termasuk memajaki capital gain dengan tarif pajak marjinal yang sama dengan pendapatan biasa, yang berarti bahwa jika Bezos menjual saham Amazon - seperti yang dilakukannya setiap tahun untuk mendanai Blue Origin - ia akan membayar tarif pajak 37% pada saham. Sebelumnya, angka itu 23,8%.

Baca Juga: MacKenzie, mantan istri Jeff Bezos menjadi orang terkaya ke-15 di daftar Forbes 400

Tetapi ada fitur lain yang kurang dipublikasikan dari pajak perawatan kesehatan Warren yang bahkan bisa lebih besar. Selain mengenakan pajak atas capital gain sebagai pendapatan biasa, ia juga akan mengenakan pajak capital gain yang belum direalisasi.

Itu berarti bahwa Bill Gates, yang kekayaannya telah meningkat US$ 18 miliar tahun ini dari apresiasi saham Microsoft, akan membayar pajak kekayaan lebih dari US$ 6 miliar, ditambah US$ 6 miliar lagi pada apresiasi sahamnya - bahkan jika dia tidak menjual saham apa pun.

Jadi Gates akan berhutang pajak lebih dari US$ 12 miliar tahun ini - kecuali dia lebih mengutamakan yayasannya.  Dengan rencana ini, kita akan melihat apakah dengan program pajak baru Warren ini akan mengubah dukungan Gates untuk pajak kekayaan.

Baca Juga: Jeff Bezos, dari pendiri startup hingga menjadi Sam Walton abad 21




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×