kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jerman Pertama Kali Uji Coba Operasi Jalan Tol Listrik eHighway


Kamis, 09 Mei 2019 / 13:22 WIB
Jerman Pertama Kali Uji Coba Operasi Jalan Tol Listrik eHighway
ILUSTRASI.


Sumber: DW.com | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - DW. Hari Selasa (07/05) truk hibrida diesel-listrik memasuki jalan tol empat jalur di jalan bebas hambatan A5 antara kota Darmstadt dan Frankfurt. Pada ruas jalan sepanjang 3 kilometer di kedua arah, truk-truk itu bisa mendapat suplai listrik dari jaringan kabel di atasnya.

Setelah bertahun-tahun ujicoba di luar jalan raya, sekarang sistem mobil dan jalan listrik mulai diuji pada lalu lintas biasa. Kementerian Lingkungan Hidup berharap proyek tersebut dapat berkontribusi pada sistem transportasi yang netral-iklim.

Peneliti  lalu lintas dari Universitas Teknis Darmstadt akan menilai data-data ekonomi dan ekologi yang diperoleh selama tiga tahun masa percobaan eHighway.

Desember lalu, sebuah truk hibrida sudah melakukan uji coba pada malam hari, tetapi hanya dengan kecepatan lambat. Mulai Selasa, truk-truk hibrida pertama kali diuji dalam lalu lintas padat normal. Sistem ini awalnya dikembangkan di lapangan terbang bekas militer dekat kota Berlin, bersama perusahaan Siemens.

Mereduksi CO2 yang berasal dari lalu lintas

Pengembangan ini merupakan "tonggak bagi upaya untuk menghilangkan karbon dari lalu lintas angkutan darat di Jerman," kata Roland Edel, kepala teknologi Siemens Mobility GmbH.

Pertengahan 2020, lima truk hibrida sudah mulai melakukan tes di jalan tol A5 setiap hari. Ruas jalan tol itu rata-rata dilalui 135.000 kendaraan setiap hari, sekitar10 persen di antaranya adalah kendaraan berat.

Truk uji coba dilengkapi dengan baterai dan pantograf – sarana "penangkap kawat listrik" yang dipasangi sensor. Pantograf secara otomatis akan dijulurkan untuk menjangkau kabel listrik yang terpasang di sepanjang ruas jalan. Beberapa ratus tiang penyangga dipasang di sepanjang jalur A5.

Kabel arus searah bertegangan 670-Volt itu akan dimatikan secara otomatis, jika kabel putus secara tidak sengaja. Selama musim dingin, sarana itu juga dilengkapi dengan  sistem anti-es untuk menjamin kelancarannya  beroperasi.

Dana dari pemerintah pusat

Pendanaan untuk tahap uji coba senilai 15 juta euro datang dari Kementerian Lingkungan Hidup. Sebelumnya sudah diivestasikan 14,6 juta euro untuk mendirikan tiang, kabel, dan infrastruktur listriknya.

Jika dinilai layak, Jerman akan memasang jaringan kabel itu di 1.000 kilometer jalan tol dari seluruhnya 13.000 kilometer jalan bebas hambatan di Jerman, kata juru bicara Kementerian Lingkungan Hidup Stephan Haufe.

Sebuah studi Kementerian Transportasi Jermanmenyebutkan, sampai 80 persen lalu lintas truk di Jerman pada akhirnya dapat menggunakan eHighway. Tes serupa telah diluncurkan dekat kota Stockholm dan Los Angeles sejak 2016.




TERBARU

[X]
×