kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden akan mengumumkan kabinetnya pada hari Selasa (24/11)


Senin, 23 November 2020 / 11:41 WIB
Joe Biden akan mengumumkan kabinetnya pada hari Selasa (24/11)
ILUSTRASI. Joe Biden. REUTERS/Kevin Lamarque


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WILMINGTON. Presiden AS terpilih Joe Biden akan mengumumkan Kabinetnya pada hari Selasa, kata para pembantunya, termasuk kemungkinan untuk menteri luar negeri, karena ia meletakkan dasar untuk pemerintahannya meskipun Presiden Donald Trump menolak untuk menyerah.

Pembantu lama dan diplomat veteran Antony Blinken adalah kandidat yang paling mungkin untuk memimpin Kementerian Luar Negeri, kata satu sumber Biden pada hari Minggu. Bloomberg News sebelumnya melaporkan bahwa Blinken akan menjadi pilihan. Blinken tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar.

Biden mengatakan pekan lalu bahwa dia telah menetapkan menteri keuangan. Mantan Ketua Fed Janet Yellen diyakini menjadi kandidat teratas di lingkaran kebijakan Demokrat dan moneter. Seorang juru bicara transisi Biden menolak berkomentar.

Ron Klain, pilihan Biden sebagai kepala staf Gedung Putih, mengatakan kepada ABC "Minggu Ini" bahwa pemilihan Kabinet Biden yang pertama akan dilakukan pada hari Selasa.

Baca Juga: Pendukung setia desak Trump untuk menerima kekalahan dalam Pemilu AS

Klain kembali mendesak agar pemerintahan Trump - khususnya badan federal yang disebut Administrasi Layanan Umum (GSA) - secara resmi mengakui kemenangan Biden untuk membuka sumber daya untuk proses transisi. “Saya berharap administrator GSA akan melakukan tugasnya,” tambah Klain, mengacu pada kepala GSA Emily Murphy.

Biden akan mulai menjabat pada 20 Januari. "Sejumlah rekor orang Amerika menolak kepresidenan Trump, dan sejak itu Donald Trump menolak demokrasi," kata Klain pada "This Week."

Sejak Biden, dinyatakan sebagai pemenang pemilu 3 November dua minggu lalu, presiden Republik telah meluncurkan rentetan tuntutan hukum dan melakukan kampanye tekanan untuk mencoba mencegah pejabat negara dari mengesahkan total suara mereka.

Biden menerima 6 juta lebih banyak suara secara nasional daripada Trump dan menang 306-232 dalam sistem Electoral College negara bagian yang menentukan pemenang pemilihan.

Selanjutnya: Vladimir Putin belum siap mengakui Joe Biden sebagai pemenang Pilpres AS




TERBARU

[X]
×