kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kabar gembira, Google Pay bakal terkoneksi dengan rekening bank


Kamis, 19 November 2020 / 17:27 WIB
Kabar gembira, Google Pay bakal terkoneksi dengan rekening bank
ILUSTRASI. Logo Google


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Alphabet Inc kembali meluncurkan aplikasi pembayaran dengan beragam fitur anyar seperti promosi berbayar, melakukan transaksi dengan kelompok, serta dapat memberikan analisis dan diskon di sejumlah merchant pada Rabu (18/11).

Yang istimewa, aplikasi anyar ini bakal memberikan fasilitas pembukaan rekening bank, Citigrup seperti dikutip dari Reuters, telah teken kerja sama terkait hal tersebut. Selain itu ada pula 10 bank lainnya yang akan menyusul kerjasama dengan induk Google ini.

Atas fitur-fitur anyar tersebut, Google akan mendapatkan komisi. Ini berguna untuk menambah pundi-pundi pendapatan dari raksasa pencarian internet ini. Pun seluruh transaksi tak akan mempengaruhi iklan yang muncul bagi para penggunanya. 

Dengan fitur-fitur tersebut, Google Pay kini dapat bersaing dengan platform-platform serupa dari India dimana pembayaran digital via gawai sudah sangat lumrah. Hal tersebut juga sekaligus memperkuat jangkauan Google terhadap perusahaan teknologi finansial sampai bank. 

Baca Juga: Terkuak, tentara Australia bunuh 39 warga sipil di perang Afghanistan

“Tujuan kami untuk menjadi aplikasi yang memberikan solusi total buat pengguna sekaligus dapat mengontrol pengeluaran mereka,” ujar Caesar Sengupta yang memimpin inisiasi pembayaran Google global. 

Meski demikian, sejatinya perusahaan internet macam Alibaba, Apple Inc, Samsung, sampai PayPal juga merupakan penantang terbesar Google Pay. Mereka juga turut menawarkan fitur pembayaran digital, sekaligus penghubung dengan bank. 

Namun Google tak takut, fitur pencariannya disebut bakal membantu para pengguna. Misalnya untuk mengetahui tempat belanja yang sangat spesifik. Di AS Google Pay anyar kini telah bekerja sama dengan lebih dari 100.000 restoran, 30.000 pom bensin, dan 400 mesin parkir. 

Adapun kerja sama Google dengan bank sejatinya telah mengemuka sejak tahun lalu namun memang belum meluncurkan layanan apapun. Sementara Citi telah menyatakan bakal membuka layanan tabungan bagi pengguna Google Pay tanpa biaya administrasi bulanan sampai minimum saldo. 

“Kolaborasi ini akan memberikan kami keuntungan untuk meningkatkan skala bisnis ritel kami,” kata Chief Executive Citi Jane Fraser.

Selanjutnya: Virus corona makin mengamuk, kasus di Rusia dan Afrika tembus 2 juta




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×