kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 belum turun, Tokyo dan 3 prefektur lainnya perpanjang keadaan darurat


Jumat, 05 Maret 2021 / 14:02 WIB
Kasus Covid-19 belum turun, Tokyo dan 3 prefektur lainnya perpanjang keadaan darurat
ILUSTRASI. Empat prefektur di Jepang perpanjang keadaan darurat


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pemerintah Jepang berencana memperpanjang keadaan darurat untuk memerangi penyebaran virus corona (Covid-19) di Tokyo dan tiga prefektur di sekitarnya hingga 21 Maret. 

Jumat (5/3), Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura mengatakan, perpanjangan keadaan darurat ini dua minggu lebih lama dari jadwal semula.

Dalam keadaan darurat, pemerintah telah meminta restoran dan bar tutup pada pukul 8 malam. Selain itu, restoran dan bar diharapkan berhenti menyajikan alkohol satu jam lebih awal dari jadwal penutupan. 

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tinggal di rumah setelah jam 8 malam. Pengecualian akan diberikan kepada mereka yang memiliki alasan penting untuk pergi keluar.

Empat prefektur yang akan diperpanjang keadaan darurat adalah prefektur Tokyo, Chiba, Kanagawa, dan Saitama, yang merupakan 30% dari populasi negara itu. Sebelumnya, keadaan darurat untuk empat prefektur ini berakhir pada 7 Maret. Namun, kasus virus corona baru belum cukup turun untuk memenuhi target, maka perpanjangan keadaan darurat harus dilakukan.

Pemerintah mengadakan pertemuan pagi ini dengan para penasihat dan mereka menyetujui perpanjangan waktu, kata Nishimura, yang bertanggung jawab atas tanggapan pemerintah terhadap virus corona, kepada wartawan.

Tapi langkah itu dinilai akan membebani restoran.

"Selama pemerintah meminta kami bertahan selama dua minggu lagi, kami akan mengikuti instruksinya. Tapi itu akan menjadi masalah hidup atau mati bagi kami," kata Akira Koganezawa, wakil presiden asosiasi untuk 55 restoran yang menyajikan monjayaki. - hidangan adonan tumis yang populer di daerah Tokyo.

"Tanpa subsidi yang cukup, beberapa restoran akan gulung tikar," katanya.

Baca Juga: Korea mulai penyelidikan atas 2 orang yang meninggal pasca terima vaksin AstraZeneca

Perdana Menteri Yoshihide Suga dijadwalkan mengadakan konferensi pers pada pukul 21.00. waktu setempat, setelah pemerintah secara resmi memutuskan perpanjangan ini, menurut kantornya.

Fuji TV, mengutip seorang pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya, melaporkan pada hari Jumat bahwa perpanjangan lain hingga akhir Maret tidak dapat dikesampingkan.

Pemerintah Metropolitan Tokyo sedang mempertimbangkan untuk menetapkan kriteria bahwa infeksi harian baru tetap di bawah 140 pada basis rata-rata mingguan, untuk mengangkat keadaan darurat, Nikkei melaporkan.

Infeksi baru harian Tokyo rata-rata mencapai 269 selama seminggu terakhir hingga 4 Maret, menurut perhitungan Reuters.

Pemerintah ingin menjinakkan penyebaran virus sebagai persiapan untuk Olimpiade Tokyo dengan hanya 4,5 bulan sampai dimulai.

Atlet asing dilarang memasuki Jepang untuk berlatih menjelang Olimpiade selama keadaan darurat. Tidak segera jelas apakah larangan tersebut akan tetap berlaku selama perpanjangan untuk wilayah Tokyo sementara perintah tersebut telah dicabut untuk seluruh negara.

Pengekangan saat ini memiliki cakupan yang lebih sempit daripada yang diberlakukan dalam keadaan darurat pada musim semi tahun lalu ketika sekolah dan bisnis yang tidak penting sebagian besar ditutup.

Namun, jumlah kasus baru berada di sebagian kecil dari puncaknya pada awal Januari, ketika keadaan darurat diberlakukan. Tokyo melaporkan 279 kasus pada hari Kamis, dibandingkan dengan rekor tertinggi 2.520 pada 7 Januari

Secara nasional, Jepang telah mencatat sekitar 433.000 kasus dan 8.050 kematian akibat Covid-19 hingga Rabu

Selanjutnya: Jepang minta China menghentikan tes Covid-19 melalui dubur pada warganya, mengapa?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×