kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kesepakatan IMF akan memaksa Presiden Argentina menarik kebijakan populer


Senin, 03 September 2018 / 06:03 WIB
Kesepakatan IMF akan memaksa Presiden Argentina menarik kebijakan populer
ILUSTRASI. Warga melintasi sebuah bank di kota Buenos Aires


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - BUENOS AIRES. Argentina berencana memotong defisit anggaran untuk meyakinkan investor. Presiden Mauricio Macri berada di bawah tekanan yang meningkat untuk membalikkan salah satu kebijakan tanda tangannya, memotong pajak ekspor pertanian.

Menteri Keuangan Nicolas Dujovne berjanji akan mengumumkan langkah pemerintah pada hari Senin untuk mengurangi defisit utama negara Amerika Latin itu pada 2019. Langkah ini merupakan upaya membendung penurunan peso, salah satu mata uang dengan kinerja terburuk di dunia tahun ini.

Argentina telah setuju memotong defisit primernya menjadi 1,3% dari produk domestik bruto (PDB) di bawah program Dana Moneter Internasional senilai US$ 50 miliar yang ditandatangani pada bulan Juni. Rencana ini mendorong protes oleh serikat pekerja. 

Sekarang, Dujovne malah berjanji memotong defisit lebih dalam sebelum bepergian ke Washington untuk bernegosiasi dengan IMF guna mempercepat pencairan bantuan.

Kembalinya pajak ekspor ditambah pengurangan tajam jumlah anggaran kementerian sedang dibahas dalam pembicaraan krisis yang dipimpin oleh Macri akhir pekan ini, media setempat melaporkan.

Pemerintah belum merinci target defisit primernya yang baru atau tindakan apa yang hendak dilakukan untuk menstabilkan mata uang setelah depresiasi sebesar 16% minggu lalu, tetapi investor menginginkan tindakan yang menentukan.

"Pasar kemungkinan akan mengharapkan anggaran 2019 yang kredibel untuk semua tetapi menghilangkan defisit primer," kata Jeffrey Lamoreaux, analis senior di Fitch Solutions di New York.

Dia mengatakan, pasar mengharapkan Macri, yang mulai menjabat pada Desember 2015 setelah 12 tahun pemerintahan sayap kiri, menerapkan kombinasi pajak ekspor pertanian serta pengurangan subsidi dan belanja sosial.

"Risiko untuk Macri adalah dia mengasingkan salah satu dari beberapa segmen yang masih ada di belakangnya," kata Lamoreaux.

Lobi pertanian telah menjadi pilar pendukung Macri ketika ia berusaha meningkatkan daya saing ekonomi terbesar ketiga di Amerika Latin itu. Sektor pertanian yang kuat mendukung koalisi ramah bisnisnya dalam pemilihan presiden 2015 dan pemilihan legislatif jangka menengah tahun 2017.

Kembalinya pajak ekspor akan menandai pembalikan besar. Macri membatalkan pungutan atas ekspor jagung dan gandum segera setelah mengambil alih pemerintahan. Dia juga mulai secara bertahap menurunkan pajak atas produk kedelai dan kedelai, yang menjadi pusat perselisihan antara mantan Presiden populis Cristina Fernandez dan sektor pertanian.

Omong-omong soal pajak ekspor jagung dan gandum, Argentina adalah penopang harga gandum internasional di Chicago Board of Trade pada hari Jumat, kata para pedagang. Argentina adalah eksportir kedelai dan jagung nomer tiga di dunia.

Meskipun demikian, dua mantan pejabat ekonomi di pemerintahan Macri menyarankan pajak ekspor akan menjadi opsi jangka pendek yang efektif.

"Saya tidak pernah percaya pada ukuran itu sebagai opsi permanen, tetapi ini adalah api," kata Carlos Melconian, kepala Banco Nacion yang dikelola negara selama tahun pertama masa Macri, mengatakan dalam sebuah wawancara televisi, mengacu pada penurunan peso dan kekhawatiran tentang kemampuan Argentina membayar utangnya.

Luciano Cohan, mantan wakil presiden untuk program makroekonomi di bawah Macri, menulis di Twitter bahwa pajak ekspor 5% untuk semua barang, bukan hanya produk pertanian, akan meningkatkan antara US$ 3,5 miliar dan US$ 4 miliar pendapatan tahun depan.

Seorang juru bicara Kementerian Pertanian Argentina mengatakan dia tidak memiliki informasi tentang rencana untuk pajak ekspor. Seorang juru bicara Kementerian Keuangan tidak menanggapi permintaan untuk komentar dari Reuters.

Para ekonom mengatakan, kenaikan pajak ekspor tidak akan membebani petani yang sudah mendapatkan lebih banyak keuntungan peso setelah depresiasi mata uang karena ekspor gandum dalam mata uang dolar.

"Sektor-sektor yang akan menang besar dengan devaluasi ini juga harus siap untuk mengantarkan sesuatu," kata Fernando Camusso, direktur perusahaan investasi Rafaela Capital. "Sebagian besar kemungkinan untuk memotong defisit lebih cepat datang dengan cara pajak ekspor."

Namun, kelompok-kelompok pertanian mengkritik kemungkinan itu. Daniel Pelegrina, presiden Masyarakat Pedesaan Argentina, menyebut mereka sebagai "jalan keluar yang mudah" dan berpendapat bahwa depresiasi peso memangkas kedua cara bagi para petani, yang harus membayar biaya lebih tinggi untuk input yang diimpor.

Lima puluh sembilan persen dari biaya input produsen kedelai Argentina ditetapkan dalam dolar, menurut laporan bulan Juni oleh CREA, sebuah lembaga "think tank" yang fokus pada pertanian. Angka tersebut naik menjadi 61% untuk biaya input jagung.

Pemerintah telah goyah dalam komitmennya menurunkan pajak kedelai. Setelah beberapa pejabat senior bersikeras pemerintah tidak akan mengubah arah setelah kesepakatan IMF, Departemen Keuangan bulan lalu membekukan pemotongan yang direncanakan dalam pajak ekspor untuk produk kedelai.

Pajak ekspor akan menjadi pengakuan bahwa rencana awal Macri mengurangi defisit melalui pemotongan belanja saja tidak cukup. Pemerintah telah mempercepat pemotongan untuk memenuhi target defisit primer yang sulit sebesar 2,7% dari PDB tahun ini, turun dari 3,2% sebelumnya.

Ratusan PHK di perusahaan milik negara dan kementerian pemerintah telah menyebabkan konfrontasi antara demonstran dan polisi. Puluhan ribu mahasiswa dan staf telah berarak menuntut lebih banyak dana pemerintah dan gaji lebih tinggi yang telah terkikis oleh inflasi yang mencapai 31% per tahun.

Bagi Axel Christensen, kepala strategi investasi untuk Amerika Latin dan Iberia di BlackRock, pemerintah Macri mengikuti strategi yang tepat, tetapi dia mengatakan banyak investor tetap trauma oleh kenangan krisis ekonomi Argentina 2001-2002, ketika negara gagal membayar utang dan jutaan orang jatuh miskin.

"Bahkan jika mereka secara teknis melakukan hal yang benar, ada hubungan emosional dengan episode masa lalu di Argentina," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×