kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kisah di balik penemuan emas batangan kuno seberat 2 kg di bawah tanah Mexico City


Jumat, 10 Januari 2020 / 13:58 WIB
Kisah di balik penemuan emas batangan kuno seberat 2 kg di bawah tanah Mexico City
ILUSTRASI. Ilustrasi emas batangan. REUTERS/Petr Josek


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MEXICO CITY. Sebuah analisis ilmiah baru dari ditemukannya sebatang emas besar beberapa dekade yang lalu di pusat kota Mexico City mengungkapkan bahwa emas itu merupakan bagian dari hasil penjarahan Spanyol yang berusaha diangkut ketika mereka melarikan diri dengan tergesa-gesa dari ibukota Aztec setelah pejuang pribumi memaksa mundur mereka.

Institut Nasional Antropologi dan Sejarah Meksiko (INAH) mengumumkan temuan hasil pengujian baru emas batangan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (9/1). Pengumuman itu dilakukan beberapa bulan sebelum peringatan 500 tahun pertempuran yang memaksa Hernan Cortes dan pasukannya untuk sementara meninggalkan kota pada 30 Juni 1520.

Baca Juga: Harga emas Antam turun Rp 5.000 per gram ke Rp 777.000 pada Jumat (10/1)

Sehari sebelumnya, Kaisar Aztec Moctezuma terbunuh, atau mungkin dibunuh, menurut informan pribumi dari seorang penulis sejarah Spanyol. Sang kaisar yang menyerukan pertempuran gila-gilaan sehingga memaksa Cortes dan rekan-rekannya sesama Spanyol serta sekutu asli mereka melarikan diri.

Setahun kemudian, Cortes kembali dan mengepung kota itu, yang sudah melemah dengan terputusnya jalur pasokan makanan. Selain itu, penyakit-penyakit yang dibawa oleh para penjajah Spanyol mulai memakan korban.

Baca Juga: Harga emas turun lagi, paladium malah mencetak rekor

Emas batangan besar ini awalnya ditemukan pada tahun 1981 selama proyek konstruksi sekitar 16 kaki (5 meter) di bawah tanah di pusat kota Mexico City - yang dibangun di atas reruntuhan ibukota Aztec, Tenochtitla. Di sinilah letak kanal yang digunakan oleh orang Spanyol untuk melarikan diri.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×