kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara setuju mengikuti Olimpiade 2020 dan 2022


Sabtu, 31 Maret 2018 / 22:34 WIB
Korea Utara setuju mengikuti Olimpiade 2020 dan 2022
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Sikap diplomatis cerdas kembali diperlihatkan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un. Hari Sabtu (31/3), Kim Jong-Un menyatakan bahwa Korut akan mengikuti dua perhelatan Olimpiade di China dan Jepang.

Mengutip Reuters, Sabtu (31/3), keputusan ini ia utarakan setelah bertemu dengan presiden komite olimpiade internasional atau International Olympic Committee (IOC). Kim Jong-un bertemu Thomas Bach, Presiden IOC di Pyongyang. Ia memastikan Korut akan berpartisipasi dalam penyelenggaraan Olimpiade musim panas tahun 2020 di Tokyo dan Olimpiade musim dingin 2022 di Beijing.

"Komitmen ini sepenuhnya didukung oleh pemimpin tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea dalam diskusi yang sangat terbuka dan hangat antara saya dan beliau hari Jumat kemarin," kata Bach, menggunakan nama resmi negara itu, Republik Rakyat Demokratik Korea, dilansir dari Reuters.

Kim Jong-Un mengungkapkan, bahwa ia berharap IOC dan Komite Olimpiade Korea Utara akan terus mengembangkan kerja sama yang baik dan diharapkan dalam mengembangkan dan meningkatkan olahraga di Korea Utara.

Kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) mengungkapkan, perjalanan Bach ke Pyongyang adalah dalam rangka mengucapkan terima kasih kepada pemimpin Korut karena membantu menjadikan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang sebagai sebuah event yang mencerminkan simbol perdamaian.

IOC akan membuat proposal untuk potensi pawai bersama antara Korut dan Korea Selatan (Korsel) atau potensi kegiatan bersama lainnya untuk Olimpiade di Tokyo dan kemudian mungkin juga untuk Olimpiade di Beijing.

Atlet dari Korut dan Korsel sebelumnya berbaris bersama di bawah bendera semenanjung Korea yang bersatu pada upacara pembukaan Olimpiade musim dingin di Pyeongchang dan kedua Korea telah mengalami pencairan ketegangan yang signifikan sejak itu.




TERBARU

[X]
×