kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korut diperkirakan punya 60 hulu ledak nuklir, posisi Korsel-Jepang-China terancam


Kamis, 12 November 2020 / 08:37 WIB
Korut diperkirakan punya 60 hulu ledak nuklir, posisi Korsel-Jepang-China terancam
ILUSTRASI. Korea Utara diyakini memiliki sekitar 60 hulu ledak nuklir yang dapat mengancam stabilitas regional. REUTERS/KCNA


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Menurut perkiraan lembaga penelitian yang berafiliasi dengan Universitas Pertahanan Nasional AS baru-baru ini, Korea Utara diyakini memiliki sekitar 60 hulu ledak nuklir yang dapat mengancam stabilitas regional.

Melansir Yonhap, Institute for National Strategic Studies mengatakan dalam laporan Kajian Strategis 2020 bahwa Korut diasumsikan memiliki sekitar 15 hingga 60 hulu ledak nuklir dan sekitar 650 rudal balistik yang mampu mengancam kota-kota di Korea Selatan, Jepang dan China timur.

"Melalui pengembangan senjata pemusnah massal, penggunaan senjata kimia, dan sikap agresif pasukan konvensionalnya, DPRK (Korut) mengancam stabilitas regional dan norma-norma global," demikian bunyi laporan itu.

"Korut juga telah menguji rudal balistik antarbenua yang mampu menyerang Amerika Serikat," tambahnya seperti yang dilansir Yonhap.

Baca Juga: Hubungan Korut-AS diprediksi memburuk pasca Joe Biden menang, ini sinyalnya

Laporan tersebut menunjukkan sekitar 1,2 juta tentara Korut dikerahkan ke baris terdepan Zona Demiliterisasi dalam posisi ofensif dan terus menimbulkan ancaman konvensional bagi Korea Selatan dan Jepang.

Menurut laporan itu, Pyongyang telah terlibat dalam penjualan dan transfer teknologi militer dengan Iran, sehingga membantu memajukan program rudal balistiknya.

"Pemalsuan mata uang dan perdagangan narkotika telah membantu rezim menghasilkan dana dan mengimbangi dampak sanksi," katanya.

Baca Juga: Ancaman Perang Dunia 3: China rilis rudal anti-radar yang dapat mengubah peperangan

Diperkirakan Pyongyang sudah mengedarkan mata uang palsu AS dengan nilai tahunan sebesar US$ 1,25 juta hingga US$ 250 juta. Laporan tersebut juga menambahkan bahwa ada tingkat ketidakpastian yang tinggi mengenai nilai kegiatan ini.

Dikatakan pula, cara operasional Korut lebih seperti perusahaan semi-kriminal daripada sebuah negara yang sah.

Selanjutnya: Khawatir soal senjata nuklir Korea Utara, Korea Selatan minta bantuan Joe Biden




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×