kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Krisis pasokan masker, ini yang dilakukan pemerintah Singapura


Kamis, 20 Februari 2020 / 12:14 WIB
Krisis pasokan masker, ini yang dilakukan pemerintah Singapura
ILUSTRASI. Turis mengenakan masker di Singapura. REUTERS/Feline Lim


Sumber: The Straits Times,South China Morning Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Seiring mewabahnya virus corona, Singapura mengalami krisis masker. Terkait hal tersebut, pemerintah Negeri Merlion tersebut sedang mencari sumber pasokan baru untuk masker dan mengembangkan kemampuan untuk membuatnya secara lokal.

Menurut Menteri Pembangunan Nasional Lawrence Wong, langkah ini diambil ketika negara-negara Asia lainnya menekan ekspor masker.

"Dalam beberapa pekan terakhir, beberapa negara seperti Taiwan, Thailand dan India telah melarang atau memperketat peraturan mengenai ekspor masker," katanya dalam balasan tertulis parlemen pada Selasa (18/2/2020) seperti yang dilansir The Straits Times.

"Karena itu kami memperkuat ketahanan rantai pasokan kami, termasuk mencari sumber-sumber baru, dan mengembangkan kemampuan manufaktur lokal."

Baca Juga: Survei: Indonesia merasa lebih terancam virus corona daripada Singapura dan Malaysia

Kata Wong, pemerintah mengambil langkah proaktif untuk mengamankan pasokan penting seperti masker. "Di masa tenang, kita telah membangun persediaan masker bedah dan N95. Saat kita menarik persediaan ini, kita juga perlu mengisinya dengan persediaan baru."

Ini merupakan tanggapan atas pertanyaan  Gan Thiam Poh (Ang Mo Kio GRC), yang telah bertanya kepada Perdana Menteri Lee Hsien Loong tentang pelajaran apa yang dapat dipelajari dari situasi virus korona baru-baru ini dan apa yang dapat diperbaiki untuk lebih mempersiapkan warga Singapura terhadap wabah pandemi.

Baca Juga: Depkes Singapura lakukan karantina 2.593 warga, 1.421 orang sudah dipulangkan

Gan juga bertanya apakah Pemerintah akan memasukkan produksi masker dan peralatan pelindung medis lainnya sebagai fasilitas strategis dan mendukung investasi dalam fasilitas semacam itu di sini.

Wong, yang menanggapi atas nama PM Lee, mengatakan berbagai wabah penyakit menular yang dihadapi negara itu - termasuk sindrom pernafasan akut yang parah (Sars), H1N1, Zika dan yang paling baru monkeypox - telah meningkatkan kesiapannya untuk wabah berikutnya.

Baca Juga: Menang lawan virus corona, Xi Jinping optimistis capai target ekonomi tahun ini

"Selama bertahun-tahun, kita telah memperkuat pengawasan epidemiologis dan kemampuan penahanan kita, dan mengadakan latihan kesiapsiagaan darurat secara rutin untuk menjaga diri kita siap secara operasional," katanya seperti yang dilansir dari Straits Times. Dia menambahkan bahwa pendirian Pusat Nasional untuk Penyakit Menular telah meningkatkan kemampuan negara untuk mengelola wabah penyakit.

Wong mengatakan bahwa semua lembaga layanan kesehatan disiagakan ketika Covid-19 muncul, dengan langkah pencegahan dilakukan sesuai dengan rencana respons Pemerintah. "Bahkan sebelum Singapura memiliki kasus pertama yang dikonfirmasi, kami mengantisipasi bahwa kami akan memerlukan upaya seluruh pemerintah untuk merespons secara efektif ancaman ini," tambahnya.

Baca Juga: Hanya untuk yang bermasker: Kasino Makau dibuka kembali setelah suspensi virus corona Gugus tugas multi-kementerian pada coronavirus, yang dibentuk pada 22 Januari untuk mengoordinasikan tanggapan, sejak itu telah menempatkan serangkaian langkah-langkah dari kontrol perbatasan hingga tindakan pencegahan ekstra di Singapura.

Wong, yang memimpin bersama satuan tugas dengan Menteri Kesehatan Gan Kim Yong, mengatakan: "Bagian penting dari sistem pertahanan kita adalah peran yang dimainkan setiap individu, dengan menjalankan tanggung jawab sosial, mempraktikkan kebersihan pribadi yang baik, dan mendukung sesama kita. warga, terutama petugas kesehatan kami di garis depan. "




TERBARU

[X]
×