kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lagi, China kunci 2 kota berpenduduk 3 juta untuk kekang penyebaran corona


Senin, 18 Januari 2021 / 19:14 WIB
Lagi, China kunci 2 kota berpenduduk 3 juta untuk kekang penyebaran corona
ILUSTRASI. Orang-orang berjalan di sepanjang jalan pada jam sibuk pagi hari sebelum kedatangan tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertugas menyelidiki asal-usul pandemi virus corona (COVID-19) di Wuhan, Provinsi Hubei, China, 14 Januari 2021.


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Hampir tiga juta orang diisolasi di China mulai Senin (18/1), setelah lonjakan kasus virus corona baru terkait seorang pemasar keliling di Timur Laut negara itu.

Sejatinya, China sebagian besar telah mengendalikan virus corona. Hanya, peningkatan tajam kasus dalam beberapa minggu terakhir telah mendorong penguncian baru, pembatasan perjalanan, dan pengujian massal.

Mengutip Channel News Asia, hampir tiga juta penduduk dari dua kota di Provinsi Jilin, Timur Laut, berada di bawah tindakan baru, menambah daftar kota dan wilayah yang dikunci untuk mengekang penyebaran virus corona.

Lebih dari 19 juta orang di Timur Laut China sekarang dilarang meninggalkan rumah mereka. Dan dalam beberapa kasus, penduduk hanya bisa keluar untuk berbelanja bahan makanan setiap tiga hari sekali.

Baca Juga: 6 Hari beruntun, China catat lebih dari 100 kasus baru virus corona

Pihak berwenang telah melacak lebih dari 100 infeksi di Provinsi Jilin, setelah mendeteksi seorang pemasar keliling tanpa gejala dari provinsi tetangga Heilongjiang, yang pekan lalu menyatakan keadaan darurat.

Pemasar itu telah melakukan perjalanan ke dua kota berbeda di Jilin yang sekarang terkunci, dan menawarkan perawatan kesehatan untuk penduduk paruh baya dan lanjut usia, menurut pejabat setempat.

Penguncian diperpanjang di area lain

Investigasi telah diluncurkan ke pusat kesehatan yang menjadi tuan rumah lokakarya untuk menentukan, apakah operasi mereka merupakan kegiatan bisnis ilegal.

Perawatan kesehatan yang terkadang memasarkan produk yang diklaim dapat meningkatkan "umur panjang" membidik kelompok-kelompok rentan di China, terutama para lansia.

Baca Juga: Sinopharm klaim vaksin virus corona aman untuk anak-anak dan remaja




TERBARU

[X]
×