kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,79   7,33   0.80%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lagi, Kim Jong Un tak muncul ke publik selama tiga minggu, kenapa?


Jumat, 22 Mei 2020 / 12:54 WIB
Lagi, Kim Jong Un tak muncul ke publik selama tiga minggu, kenapa?
ILUSTRASI. Foto yang dirilis pada 2 Mei 2020 oleh KCNA menunjukkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada upacara resmi di wilayah utara Pyongyang. Kim tampil di depan umum untuk pertama kalinya dalam 20 hari untuk menghadiri peresmian pabrik pupuk di Utara Pyongyang


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jarang tampil di publik dalam dua bulan terakhir. Sekali lagi, berlangsung tiga minggu tanpa media pemerintah melaporkan kehadirannya di sebuah acara publik.

Kehati-hatian Kim muncul ketika Korea Utara memberlakukan tindakan anti-virus corona baru, meskipun negara itu mengklaim tidak memiliki kasus infeksi terkonfirmasi. 

Spekulasi kuat tentang kesehatannya pun menyeruak bulan lalu setelah Kim melewatkan peringatan peringatan ulang tahun pendiri Korea Utara yang juga kakeknya, Kim  Kim Il Sung.

Kim hanya tampil di depan umum sebanyak empat kali selama April lalu hingga saat ini. Padahal, sepanjang periode yang sama tahun lalu, dia sering muncul hingga 27 kali.

Baca Juga: Xi Jinping: China siap mendukung Kim Jong Un dalam memerangi virus

Sejak berkuasa pada 2011, penampilan publik paling sedikit yang pernah Kim buat selama bulan-bulan itu adalah 21 pada 2017, menurut penghitungan Chad O'Carroll, CEO Korea Risk Group, organisasi berbasis di Seoul yang melacak Korea Utara.

"Ini bukan bisnis seperti biasa," katanya dalam sebuah posting di Twitter minggu ini seperti Reuters lansir.

Sebagai pemimpin dengan kekuasaan hampir absolut atas 25,5 juta penduduk Korea Utara dan akses ke gudang senjata nuklir yang semakin meningkat, kesehatan dan keberadaan Kim sering kali diteliti dengan cermat oleh komunitas internasional untuk tanda-tanda ketidakstabilan.

Tapi, informasi di Korea Utara dalam kontrol ketat, dan perincian terkonfirmasi secara independen tentang Kim hampir tidak ada.

Baca Juga: Menang dalam perang lawan corona, Kim Jong Un beri selamat ke Xi Jinping

Para pejabat Korea Selatan mengatakan, mereka percaya penampilan publik Kim yang terbatas mungkin merupakan tindakan pencegahan dalam menghadapi masalah virus corona. Korea Utara telah membatalkan, menunda, atau mengurangi banyak pertemuan publik besar karena wabah.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×