kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lembaga think tank AS sebut Korea Utara punya hingga 60 hulu ledak nuklir


Rabu, 11 November 2020 / 20:56 WIB
Lembaga think tank AS sebut Korea Utara punya hingga 60 hulu ledak nuklir
ILUSTRASI. Rudal balistik antarbenua terlihat di parade militer akbar merayakan ulang tahun ke-70 berdirinya Tentara Rakyat Korea di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, dalam foto yang dirilis oleh KCNA, 9 Februari 2018.


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara diyakini memiliki hingga 60 hulu ledak nuklir yang bisa mengancam stabilitas regional, menurut perkiraan baru-baru ini dari lembaga think tank yang berafiliasi dengan Universitas Pertahanan Nasional Amerika Serikat (AS).

Institute for National Strategic Studies (INSS) mengatakan dalam laporan bertajuk Kajian Strategis 2020, Korea Utara diperkirakan memiliki antara 15 dan 60 hulu ledak nuklir serta sekitar 650 rudal balistik yang mampu mengancam kota-kota di Korea Selatan, Jepang, juga China Timur.

"Melalui pengembangan senjata pemusnah massal, penggunaan senjata kimia, dan sikap agresif pasukan konvensionalnya, DPRK (Korea Utara) mengancam stabilitas regional dan norma-norma global," kata INSS, Rabu (11/11), seperti dikutip Yonhap.

"Mereka juga telah menguji rudal balistik antarbenua yang mampu menyerang Amerika Serikat," ungkap INSS.

Baca Juga: Khawatir soal senjata nuklir Korea Utara, Korea Selatan minta bantuan Joe Biden

1,2 juta tentara Korea Utara dikerahkan ke garis depan

Laporan INSS menunjukkan, perkiraan yang luar biasa dari 1,2 juta tentara Korea Utara "dikerahkan ke depan menuju Zona Demiliterisasi dalam posisi ofensif", dan terus menimbulkan ancaman konvensional bagi Korea Selatan serta Jepang.

Pyongyang juga telah terlibat dalam penjualan dan transfer teknologi militer dengan Iran, membantu memajukan program rudal balistiknya, menurut laporan INSS.

"Pemalsuan mata uang dan perdagangan narkotika telah membantu rezim menghasilkan dana dan mengimbangi dampak sanksi," sebut INSS.

Laporan INSS menyebutkan, Pyongyang mengedarkan US$ 1,25 juta hingga US$ 250 juta mata uang palsu AS. "Ada tingkat ketidakpastian yang tinggi mengenai nilai kegiatan ini," imbuh mereka.

INSS menambahkan, Korea Utara beroperasi "lebih sebagai perusahaan semi-kriminal dibanding negara-bangsa yang sah".

Selanjutnya: Kecemasan Perang Dunia 3: Korut akan uji coba nuklir saat pelantikan Joe Biden




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×