kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lowongan pekerjaan di Australia stabil, meski di Victoria turun terhantam corona


Selasa, 11 Agustus 2020 / 10:31 WIB
Lowongan pekerjaan di Australia stabil, meski di Victoria turun terhantam corona
ILUSTRASI. Petugas Kepolisian dan Militer berpatroli di salah satu area olahraga umum yang ada di Melbourne pada 4 Agustus 2020.


Sumber: Reuters | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -SIDNEY. Lowongan pekerjaan atau ketersediaan lapangan kerja di  Australia stabil hingga bulan Juli 2020. Data resmi yang dilansir Selasa (11/8) menunjukan fakta tersedianya lapangan pekerkaan, meskipun negara bagian tenggara Victoria masih bergulat dengan gelombang baru infeksi virus corona atau Covid-19.

Biro Statistik Australia, Selasa (11/8) menyebut, jumlah payroll job secara nasional turun 0,1% pada Juli, sementara Victoria mencatat turun 1,5% karena pembatasan mobilitas yang ketat serta jam malam diberlakukan. 

Adapun data payroll job masih tetap 4,5% di bawah pertengahan Maret, ketika Australia mencatat kasus COVID-19 ke-100 yang dikonfirmasi.

Australia telah mengalami lonjakan pertumbuhan pekerjaan dalam beberapa bulan terakhir karena pihak berwenang di Australia sebagian besar berhasil mengendalikan penyebaran virus dan mulai membuka kembali perekonomian. Itu membantu memulihkan banyak pekerjaan yang hilang karena virus korona

Data ini berbeda dengan perkiraan median ekonom dalam jajak pendapat Reuters, yang  memprediksi akan terjadi lonjakan tingkat pengangguran nasional di Australia ke level tertinggi selama 22 tahun di 7,8% meskipun lapangan kerja diperkirakan naik 40.000.

"Dengan pembatasan tahap empat yang sekarang berlaku, kami mengantisipasi hilangnya pekerjaan lebih lanjut di seluruh (Victoria), terutama di sektor yang rentan seperti perhotelan dan ritel," ujar Callam Pickering, Ekonom situs pencari kerja Global. Menurutnya, pemulihan ekonomi di Australia sulit dilakukan sampai pembatasan dilonggarkan.

Sebuah survei mingguan atas tingkat keyakinan konsumen dari ANZ yang  juga keluar pada hari Selasa menunjukkan sentimen telah merosot untuk ketujuh minggu berturut-turut karena penguncian terbaru sangat merugikan warga Victoria.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×