kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,29   1,65   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin berkobar, militer Turki lagi-lagi tembak jatuh jet tempur Suriah


Rabu, 04 Maret 2020 / 09:30 WIB
Makin berkobar, militer Turki lagi-lagi tembak jatuh jet tempur Suriah
ILUSTRASI. Pendukung pasukan Turki di Suriah


Sumber: Al Jazeera | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - REYHANLI. Pasukan Turki kembali menjatuhkan jet tempur yang diterbangkan pasukan pemerintah Suriah di selatan Idlib pada Selasa (3/3) ketika kota strategis di barat laut Suriah jatuh itu di bawah kendali militer Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Itu untuk ketiga kalinya dalam tiga hari, militer Turki menembak jatuh dua pesawat Suriah lainnya pada Minggu (1/3).

Baca Juga: Turki-Rusia panas, Putin: Kami akan membuat kondisi sehingga tak ada yang mau perang

"Pasukan rezim Turki menargetkan salah satu pesawat tempur kami, yang menyebabkan kejatuhannya di wilayah barat laut Maarat al-Numan," lapor media pemerintah Suriah yang dikutip Al Jazeera.

Di Twitter, Kementerian Pertahanan Turki mengonfirmasi berita itu. "Sebuah pesawat L-39 milik rezim Suriah telah jatuh".
 
Sementara itu, pasukan pemerintah Suriah semalam mengambil alih kota utama Saraqeb, yang terletak di persimpangan jalan raya komersial M4 dan M5 yang menghubungkan kota-kota besar negara itu.

Saraqeb telah berpindah tangan dua kali dalam bulan lalu, tetapi peningkatan dramatis dalam pertempuran selama beberapa hari terakhir membuat kelompok-kelompok oposisi bersenjata mundur ke desa-desa Nairab dan Afis di barat, ketika pasukan pemerintah Suriah - di bawah perlindungan kekuatan udara Rusia - mengamankan kota.

Rashwan Abu Hamza, seorang komandan lapangan di Saraqeb milik salah satu kelompok pemberontak, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa pertempuran melawan pasukan al-Assad meningkat pada Senin malam.

"Pasukan rezim mulai bergerak maju ke kota pada jam 2 pagi dan satu jam kemudian memasuki lingkungan dan mulai menyisir mereka," kata Abu Hamza. "Penembakan dari pesawat tempur Rusia meningkat dan memaksa kami untuk mundur di barat kota."

Pada pukul 4 pagi (01:00 GMT) pada hari Selasa, Saraqeb berada di bawah kendali penuh pasukan Suriah. Tetapi, kata Hamza, serangan balasan sudah dekat.

Baca Juga: Kian memanas, Turki menyatakan serangan balasan besar-besaran terhadap Suriah




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×