kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bos besar Softbank Masayoshi Son mundur dari Alibaba, ada apa?


Kamis, 25 Juni 2020 / 12:58 WIB
Bos besar Softbank Masayoshi Son mundur dari Alibaba, ada apa?
ILUSTRASI. Menko bidang Maritim Luhut Panjaitan (tengah) berbincang dengan CEO Grab Anthony Tan (kedua kiri), Founder dan CEO Softbank Masayoshi Son (ketiga kiri), CEO Tokopedia William Tanuwijaya (kanan) dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kedua ka


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Pendiri SoftBank Group Corp. Masayoshi Son mengumumkan kemunduran dirinya dari jajaran direksi Alibaba Group Holding Ltd. pada Kamis (25/6). Miliarder itu mengatakan kepada para pemegang saham di Tokyo bahwa dia akan pergi tepat ketika co-founder Alibaba Jack Ma juga keluar dari dewan direksi SoftBank. Tetapi itu bukan menandakan ketidaksepakatan antara kedua miliarder. 

Son bilang, dia telah lulus dari perusahaan tempat berinvestasi paling sukses yang pernah dilakukan Softbank. Alibaba, tempat SoftBank berinvestasi sejak awal hingga sekarang bernilai sekitar US$ 600 miliar, tetap akan menjadi permata mahkota portofolio Softbank.

Baca Juga: SoftBank mulai lego US$ 21 miliar saham T-Mobile

Seperti dikutip Bloomberg, Kamis (25/6), Son memulai presentasi tahunannya kepada para investor dengan cara yang khas, menegaskan kembali keyakinannya bahwa transformasi digital global dan munculnya kecerdasan buatan  akan mendorong investasi Softbank ke banyak perusahaan teknologi seperti ke ByteDance Ltd. sebagai pemilik TikTok hingga produsen cip Inggris, Arm Ltd. 

Baca Juga: SoftBank gelontorkan hampir US$ 3 miliar untuk buyback saham sejak Maret

Miliarder itu menjalankan keputusan besar dengan keluar dari salah satu kesepakatan besar dalam kariernya yakni penjualan saham di T-Mobile US Inc. yang akan memberikan dana seger ke  SoftBank sebanyak US$ 20 miliar. Kesepakatan itu ditambah transaksi-transaksi baru lainnya berarti SoftBank telah menyelesaikan 80% dari pengaturan ulang asetnya hingga yen 4,5 triliun untuk membiayai pembelian kembali saham dan memangkas utang. 




TERBARU

[X]
×