kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masjidil Haram siap menerima jamaah haji tahun 2020


Rabu, 29 Juli 2020 / 16:38 WIB
Masjidil Haram siap menerima jamaah haji tahun 2020
ILUSTRASI. Kondisi Masjidil Haram di masa pandemi


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JEDDAH. Langkah-langkah kesehatan dan keselamatan telah disiapkan untuk Masjid Agung di Makkah untuk menerima jamaah di Tarwiyah, hari kedelapan haji. Mayjen Mohammed bin Wasl Al-Ahmadi, asisten komandan Pasukan Keamanan Haji untuk Masjidil Haram, mengumumkan bahwa persiapan akhir untuk hari pengambilan air telah selesai.

Sebagai bagian dari langkah-langkah pencegahan untuk menghentikan penyebaran penyakit coronavirus (COVID-19), jalur masuk dan keluar khusus telah dialokasikan di Masjidil Haram untuk ziarah. Rute khusus untuk jamaah akan membentang dari bagian selatan dan barat masjid, serta di sekitar daerah sekeliling dan Saee.

Rencana keamanan haji tahun ini didasarkan pada organisasi, keamanan, kemanusiaan, dan perawatan kesehatan. Saudi Electricity Co. (SEC) mengatakan semua pengaturannya telah dilakukan untuk memastikan layanan yang dapat diandalkan untuk jamaah selama musim haji di Mekah dan tempat-tempat suci.

Baca Juga: 1.000 jamaah telah tiba di Mina untuk menjalankan ibadah haji

Abdul Salam bin Rashid Al-Omari, kepala sektor barat SEC dan penyelia umum untuk haji, mengatakan rencana operasional perusahaan telah dilaksanakan di bawah payung Kementerian Energi dan dalam koordinasi dengan berbagai lembaga pemerintah.

“Rencana operasional dilaksanakan oleh 500 insinyur, teknisi, dan spesialis, dan kader nasional terlatih, untuk memastikan keandalan layanan listrik, disertai oleh 66 tim teknis darurat dan pemeliharaan di semua lokasi," katanya dikutip dari Arab News.

"Perusahaan telah mengalokasikan banyak tenaga teknis dan khusus untuk bekerja jarak jauh tahun ini, untuk menerapkan tindakan pencegahan untuk kondisi kesehatan saat ini dan pandemi coronavirus, untuk mendukung teknisi yang berlokasi di berbagai tempat suci sepanjang musim haji," tambahnya.

Baca Juga: Jelang ibadah haji, Masjidil Haram pastikan semua persiapan sudah final

Al-Omari mencatat bahwa beberapa proyek listrik baru, berjumlah sekitar SR1,3 miliar (US$ 346 juta), untuk menghasilkan, mentransmisikan, dan mendistribusikan daya telah dilaksanakan tahun ini di Mekah dan di tempat-tempat suci dalam persiapan untuk musim haji.

Dia mengatakan bahwa stasiun transmisi seluler juga telah didirikan di tempat-tempat suci dengan biaya SR56 juta. SEC memiliki cadangan listrik yang besar untuk memenuhi kebutuhan khusus Mekah dan situs-situs termasuk Masjidil Haram.




TERBARU

[X]
×