kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyelamatkan perusahaan keluarga via restrukturisasi (2)


Kamis, 14 Maret 2019 / 15:40 WIB
Menyelamatkan perusahaan keluarga via restrukturisasi (2)


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tri Adi

Menjadi penerus perusahaan keluarga menjadi jalan kehidupan Vincent Bollor. Setelah memiliki cukup pengalaman bekerja di perusahaan lain, termasuk di Rothschild Bank, Vincent memutuskan menyelamatkan perusahaan keluarga yang di ambang kebangkrutan. Pemahaman dunia investasi dan bisnis semasa sebagai pegawai digunakan untuk menyelamatkan Bollor Group. Restrukturisasi dan revitalisasi yang dijalankan membuahkan hasil.

Pengusha sukses asal Prancis Vincent Bollor lahir pada 1952 dari keluarga taipan kertas. Ia merupakan cicit Rene Bollor, pendiri Bollor Group.

Rene mendirikan Bollor Group setelah pulang dari lawatanya ke China. Dari sana ia memperlajari teknik pembuatan kertas. Ketika kembali ke Prancis, ia menyempurnakan teknik tersebut dengan bantuan mesin yang ia ciptakan sendiri.

Hasilnya, kertas yang ia produksi lebih tipis dibandingkan yang beredar di pasaran. Jenis kertas yang cocok sebagai pembungkus rokok, dan halaman Injil.

Dari hal tersebut Bollor Group punya pangsa pasar sendiri, yang serta merta bikin perusahaan juga making berkembang. Bollor bahkan diklaim menguasai hampir 10% pangsa pasar kertas rokok di dunia. Hingga tahun 1970-an Bollor Group terus tumbuh. Mendiversifikasi produk mulai dari kertas pembungkus teh, kertas karbon, hingga kertas berlapis aluminium. Sayang di akhir 1970-an, Bollor mulai terancam bangkrut akibat resesi global, kenaikan harga minyak dunia, hingga biaya produksi yang semakin membengkak. Di sini Vincent ambil bagian.

Vincent merupakan sarjana bisnis dari Universitas Paris. Setelah lulus ia memulai karier di Banque de lUnion Europene sembari melanjutkan pendidikan di bidang hukum. Karier Vincent moncer di Banque de lUnion Europene hingga kemudian ia hijrah ke Edmond de Rothschild Bank. Di sini ia semakin paham dunia investasi dan bisnis. Kariernya juga terus melejit, hingga pada 1976 ia menjabat sebgai deputi direktur.




TERBARU

[X]
×