kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mesir dan Yunani bidik kerja sama multi-sektor di kawasan Mediterania timur


Jumat, 05 Maret 2021 / 14:21 WIB
Mesir dan Yunani bidik kerja sama multi-sektor di kawasan Mediterania timur
ILUSTRASI. Kapal angkatan bersenjata Yunani dan Prancis berlayar dalam formasi saat latihan militer gabungan di Laut Mediterania, dalam gambar handout tanpa tanggal diperoleh Reuters pada Kamis (13/8/2020).


Sumber: Arab News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KAIRO. Pintu kerja sama multi-sektor antara Mesir dan Yunani sepertinya makin terbuka lebar setelah kedua pemimpin negara melakukan diskusi singkat melalui panggilan telepon.

Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis secara khusus membahas bidang kerja sama di Mediterania Timur, seperti dilaporkan oleh Arab News (5/3).

Obrolan melalui telepon ini terjadi beberapa jam setelah Turki mengumumkan kesediaannya untuk bernegosiasi dengan Mesir terkait perbatasan maritim di wilayah Mediterania Timur, wilayah yang juga menjadi pusat perseteruan antara Yunani dan Turki.

Baca Juga: Akibat tumpahan minyak di laut, Israel sebut Iran lakukan terorisme lingkungan

Juru bicara kepresidenan Mesir Bassam Radi, mengatakan bahwa kedua pemimpin negara membahas kedekatan hubungan bilateral yang ada di beragam sektor, terutama kerja sama di bidang energi. Dalam diskusinya, presiden Mesir juga disebiut mengkonfirmasi kekuatan hubungan Mesir-Yunani.

Dikutip dari Arab News, Presiden El-Sisi berharap kedua negara bisa memperluas kerja sama di berbagai aspek secara konstruktif, terutama di bidang ekonomi dan energi, serta di bidang keamanan.

Dari pihak Yunani, PM Mitsotakis menegaskan keinginannya untuk bertukar pandangan dan berkonsultasi dengan El-Sisi  tentang masalah regional yang menjadi kepentingan bersama.

Secara khusus, ia menggarisbawahi pentingnya koordinasi timbal balik terutama di sektor energi dan keamanan di Mediterania Timur.

Yunani masih bersitegang dengan Turki yang menjadi mitra Mesir

Sebelum diskusi via telepon antara kedua pemimpin negara Mesir dan Yunani terjadi, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu sempat menyatakan dalam konferensi pers bahwa Turki dan Mesir dapat merundingkan demarkasi perbatasan Mediterania Timur.

Baca Juga: Di tengah ketegangan dengan Turki, Yunani borong 18 jet tempur Rafale dari Prancis




TERBARU

[X]
×