kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Microsoft berencana akuisisi Discord senilai US$ 10 miliar


Selasa, 23 Maret 2021 / 12:05 WIB
Microsoft berencana akuisisi Discord senilai US$ 10 miliar
ILUSTRASI. Microsoft berencana kembali lakukan akuisisi


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Perusahaan perangkat lunak Microsoft Corp. berencana mengakuisisi Discord Inc. Nilai akuisisi ini diperkirakan mencapai US$ 10 miliar. 

Discord, perusahaan yang menyediakan platform obrolan tersebut, memang sedang berkembang pesat dan saat ini telah memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan.

Dilansir dari Bloomberg, pembicaraan mengenai rencana akuisisi tersebut sudah dalam tahap pembicaraan oleh kedua belah pihak. Selain itu, rencana tersebut dikabarkan belum akan terjadi dalam waktu dekat karena Discord lebih memilih untuk go public dibandingkan menjual perusahaannya.

Sejak tahun lalu, Microsoft dikenal gencar untuk belanja aset dengan mengakuisisi beberapa perusahaan. Langkah tersebut dinilai dapat memberikan akses layanan yang lebih luas bagi penggunanya.

Analis Bloomberg Intelligent Matthew Kanterman menilai, akuisisi Microsoft terhadap perusahaan yang berlokasi di San Fransisco tersebut merupakan langkah yang tepat. Hal ini dikarenakan akuisisi tersebut memperluas rangkaian fasilitas langganan yang diberikan bisnis Xbox-nya sebagai bagian dari penawaran Game Pass.

Baca Juga: Setidaknya 10 kelompok peretas memanfaatkan cacat perangkat lunak di Microsoft

“Ada peluang besar untuk menggabungkan penawaran premium Discord, Nitro, ke dalam layanan Game Pass untuk mendorong lebih banyak langganan dari 18 juta yang dilaporkan terakhir,” ujar Kanterman seperti dikutip dari Bloomberg pada Selasa (23/3).

Terbaru, Microsoft telah membeli ZeniMax Media Inc. pemilik Bethesda Softworks senilai US$ 75 miliar. Oleh karena itu, akuisisi terhadap Discord menandakan bahwa Microsoft tengah fokus pada pengembangan unit video-game-nya.

“Kami berharap Xbox tetap akuisisi untuk terus memperkuat proposisi nilai Game Pass dan mendorong langganan lebih tinggi,” ungkap Kanterman.

Sebelum Microsoft, Discord juga pernah melakukan diskusi dengan Epic Games Inc. dan Amazon.com Inc.

Selanjutnya: Asyik! Telegram tambahkan fitur voice chat yang tampilannya mirip Discord




TERBARU

[X]
×