kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Netflix berhasil memimpin layanan streaming saingi YouTube


Jumat, 03 April 2020 / 11:51 WIB
Netflix berhasil memimpin layanan streaming saingi YouTube
ILUSTRASI. Netflix Inc berhasil mengalahkan saingannya YouTube, Amazon Prime dan Disney. REUTERS/Lucy Nicholson/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak wabah virus corona melanda dan himbauan untuk melakukan segala aktivitas di rumah, Netflix Inc berhasil mengalahkan saingannya YouTube, Amazon Prime dan Disney.

Asal tahu saja, pada kuartal I tahun 2020 terdapat 59 juta pemasangan Netflix, namun hal itu lebih didominasi oleh layanan anak-anak. Sementara itu, pengguna YouTube juga mengalami peningkatan sejak sekolah diliburkan pada bulan Maret lalu.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Xi Jinping bahas penanganan virus corona lewat sambungan telepon

Mengutip dari laman Reuters, perusahaan Apptopia dan Braze mengatakan Youtube yang dimiliki oleh Alphabet Inc Google telah berhasil mengumpulkan $110 juta di periode yang sama.

Hal ini menjadikannya tertinggi diantara aplikasi streaming utama secara global. Sayang, laporan tersebut tidak memberikan waktu penggunaan yang aktual, tetapi YouTube berada di posisi ketiga sehingga menempatkannya di bawah Netflix.

Perlu diketahui, laporan tersebut juga menunjukkan platform streaming lain seperti Amazon.com juga Twitch paling banyak diunduh secara global. Hal itu membuat perusahaan tersebut mengumpulkan $20 juta pengeluaran pengguna pada periode yang sama.

Asal tahu saja, games League of Legends merupakan salah satu game yang saat ini paling banyak ditonton pada platform streaming. Hal itu dipertegas oleh Twitch Metrics yang berhasil melacak popularitas game di seluruh platform.

Baca Juga: Dahsyat, Netflix dan You Tube paling banyak diunduh di dunia saat ini

Adanya pandemi corona serta gerakan social distancing telah mendorong ledakan pengguna game online, streaming dan komunikasi. Hal ini turut memberi tekanan pada infrastruktur juga perusahaan streaming.

Sementara itu, Zoom Video Communications Inc mencatat hingga Rabu lalu pengguna harian Zoom telah meningkat lebih dari 200 juta pengguna. Sampai bulan Maret, streaming video melalui perangkat seluler melonjak 31%, hal itu dipertegas oleh Apptopia juga Braze.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×