kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai sumbangan Bill Gates lebih kecil ketimbang filantropi Warren Buffett


Kamis, 21 Mei 2020 / 05:15 WIB
Nilai sumbangan Bill Gates lebih kecil ketimbang filantropi Warren Buffett
ILUSTRASI. Nama : William Henry 'Bill' Gates III ;Usia : Washington, 28 ; Oktober 1955 ;Alamat : Medina, Washington, Amerika ;Serikat ;Perusahaan : Microsoft, Bill & Melinda Gates ;Foundation ;Kekayaan : US$ 90,2 miliar (Jika kurs US$ 1 = ;Rp 13.000, maka nilainya s


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bill Gates dan istrinya Melinda Gates menyumbang US$ 519 juta untuk yayasan mereka pada tahun 2019. Sumbangan tersebut dalam bentuk dana tunai dan saham. 

Sumbangan tersebut menjadi yang terbesar dalam dunia filantropi global di tahun lalu. Angka ini meningkatkan dana abadi Bill & Melinda Gates Foundation Trust menjadi US$ 49,8 miliar per 31 Desember 2019. Angka ini naik dari US$ 46,8 miliar pada tahun sebelumnya, menurut laporan keuangan terbaru seperti dikutip Bloomberg

Baca Juga: Nama Bill Gates kerap muncul di teori konspirasi vaksin Corona
 
Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft Corp juga menyumbangkan US$ 523 juta jasa manajemen investasi untuk organisasi nirlaba yang berbasis di Seattle, menurut arsip tersebut. Yayasan pribadi pasangan itu adalah yayasan terbesar di dunia. Bill Gates mengatakan, kini sumber daya mereka fokus memerangi virus corona. 

Sumbangan pasangan suami istri ini masih lebih kecil dari hadiah tahunan yang diberikan Warren Buffet di tahun 2019. Buffett menyumbang ke yayasan Bill dan Melinda dengan saham Berkshire Hathaway Inc senilai US$ 2,7 miliar saham pada Juli tahun lalu. Sehingga total kontribusi Buffett menjadi lebih dari US$ 27 miliar sejak Agustus 2006.

Baca Juga: Sejak pandemi virus corona, Warren Buffet menjual saham di dua bank ini

Sejatinya bentuk sumbangan Buffett kepada Yayasan Gates beragam. Pada tahun 2018, mereka menyumbang dalam bentuk uang dan saham. Setahun sebelumnya, ia jugamemberi sumbangan dalam bentuk saham US$ 4,6 miliar. 

Meski demikian kontribusi sumbangan tersebut tidak mengurangi kekayaan Bill Gates. Dia masih menjadi orang terkaya kedua di dunia dengan kekayaan bersih US$ 108 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Buffett berada peringkat kelima dengan kekayaan US$ 68 miliar.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×