kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Olimpiade Tokyo ditunda karena virus corona, ini penjelasan Perdana Menteri Jepang


Selasa, 24 Maret 2020 / 23:43 WIB
Olimpiade Tokyo ditunda karena virus corona, ini penjelasan Perdana Menteri Jepang
ILUSTRASI. FILE PHOTO : Japan's Prime Minister Shinzo Abe speaks to media after phone talks with U.S. President Donald Trump (not pictured) after second North Korea-U.S. summit, at Abe's residence in Tokyo, Japan February 28, 2019. REUTERS/Issei Kato/File Photo


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Pemerintah Jepang resmi menunda pelaksanaan olimpiade Tokyo selama setahun karena mengalami kendala mewabahnya virus corona covid-19.

Perhelatan olahraga akbar internasional Olimpiade XXXII ini semula akan digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 di Tokyo Jepang. Sejumlah persiapan juga telah dilakukan oleh panitia lokal di negeri itu.

Namun karena keadaan mendesak, dan demi menjaga kenyamanan dan keamanan para pemain, panitia maupun penonton, dari bahaya penyebaran dan penularan virus corona covid-19 maka Pemerintah Jepang bersepakat dengan Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committe (IOC) untuk menunda hingga musim panas 2021 mendatang.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

#repost @kantei バッハIOC会長との電話会談終了後の記者の質問に対する#安倍総理 のメッセージ . 先ほど森会長、小池都知事、橋本大臣同席のもとに、バッハIOC会長と電話会談を行いました。 まず改めて、東京オリンピック・パラリンピックの中止はないということについて、バッハ会長と確認をいたしました。そしてその上で、開催国日本として東京五輪について、現下の状況を踏まえ、世界のアスリートの皆さんが最高のコンディションでプレイでき、そして観客の皆さんにとって、安全で安心な大会とするために、概ね1年程度延期することを軸として、検討していただけないかという提案をいたしました。 バッハ会長から100%同意するという答えをいただきました。そして遅くとも、2021年の夏までに東京オリンピック・パラリンピックを開催するということで合意をいたしました。今後、人類が新型コロナウイルス感染症に打ち勝った証として、完全な形で、東京オリンピック・パラリンピックを開催するために、IOCバッハ会長と緊密に連携をしていくことで一致をしたところであります。日本は日本として、開催国の責任をしっかりと果たしていきたいと思います。 . #新型コロナウイルス感染症 #東京オリンピック #東京パラリンピック #tokyo2020 @shinzoabe

A post shared by 安倍晋三 (@shinzoabe) on

Penundaan ini disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe Selasa (24/3) seusai bertemu dengan Presiden IOC Thomas Bach di Tokyo Jepang. Mengutip pernyataan resmi yang dirilis IOC di https://www.olympic.org, pada pertemuan itu dihadiri oleh Mori Yoshiro, Presiden Komite Penyelenggara Tokyo 2020; Menteri Olimpiade, Hashimoto Seiko; Gubernur Tokyo, Koike Yuriko; Ketua Komisi Koordinasi IOC, John Coates; Direktur Jenderal IOC Christophe De Kepper; dan Direktur Eksekutif Olimpiade IOC, Christophe Dubi. 
 
"Saya sudah mendapatkan jawaban langsung dari Presiden Bach (Presiden IOC Thomas Bach) bahwa dia setuju 100%. Kami sepakat bahwa kami akan mengadakan Olimpiade Tokyo sebagai Paralimpycs pada musim panas 2021," kata Abe. 

Abe menjelaskan, sebagai tuan rumah, Jepang mempertimbangkan kondisi terkini mengenai merebaknya wabah virus corona covid 19.

Karena itu sebagai penyelenggara Jepang ingin agar semua atlet bisa bertanding dengan rasa nyaman dan aman tanpa ada rasa khawatir tertular virus corona covid-19.

Pada pertemuan itu, Thomas Bach dan maupun Perdana Menteri Abe menyampaikan keprihatinan mereka tentang pandemi virus corona Covid-19 di seluruh dunia. Mereka menyebut keputusan penundaan ini sebagai upaya yang dilakukan terhadap kehidupan orang-orang dan dampak signifikan yang ditimbulkannya terhadap persiapan atlet global untuk Olimpiade.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×