kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Otoritas kesehatan Arab Saudi siap mengikuti uji coba vaksin Covid-19


Selasa, 22 September 2020 / 13:17 WIB
Otoritas kesehatan Arab Saudi siap mengikuti uji coba vaksin Covid-19
ILUSTRASI. Seorang perawat mempersiapkan suntukan vaksin REUTERS/Tatyana Makeyeva


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JEDDAH. King Abdullah International Medical Research Center (KAIMRC) di Arab Saudi sedang bersiap untuk mengambil bagian dalam uji coba lanjutan satu atau dua vaksin COVID-19.

Sekitar 40 vaksin potensial sedang diuji pada manusia, sembilan di antaranya berada pada tahap uji klinis lanjutan untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitasnya dalam melindungi orang dari virus yang telah menginfeksi lebih dari 31 juta orang di seluruh dunia.

Pusat tersebut mengkonfirmasi kesiapannya untuk bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Kerajaan dan Otoritas Makanan dan Obat Saudi (SFDA) dan berpartisipasi dalam tes satu atau dua dari sembilan vaksin yang berada dalam fase ketiga uji klinis, di mana uji klinis berskala besar pengujian pada manusia berlangsung.

Dr. Naif Al-Harbi, kepala unit pengembangan obat KAIMRC, mengatakan kepada saluran berita TV Al-Ekhbariya bahwa belum pernah terjadi sebelumnya untuk memiliki sembilan vaksin dalam tahap tiga uji klinis begitu cepat, kurang dari setahun, setelah munculnya virus baru.

“Persetujuan atau penolakan suatu obat biasanya mengikuti tahap ketiga dari uji klinisnya, yang merupakan tahap terakhir,” tambahnya. “Sejak pandemi, KAIMRC terus berhubungan dengan sejumlah perusahaan obat di empat negara (yang sedang mengembangkan vaksin).”

KAIMRC telah bekerja sama dengan satu perusahaan farmasi China secara khusus untuk membantu mengevaluasi dan mempercepat pengembangan vaksinnya, katanya.

Baca Juga: Sejumlah negara Eropa ini terancam serangan corona gelombang kedua

"Selama dua bulan terakhir, kami telah melakukan kontak dengan Sinovac untuk mengevaluasi produknya secara ilmiah, dalam hal pengujian pada hewan dan studi hasil tahap satu dan dua pada manusia," kata Al-Harbi.

Dia menambahkan bahwa Kementerian Kesehatan Kerajaan sedang bekerja dengan perusahaan China yang berbeda untuk mengevaluasi apakah vaksin yang dikembangkan itu efektif. Sejumlah faktor dipertimbangkan saat mencapai sebuah kesimpulan.

"Kami memeriksa obat-obatan tersebut dan memastikan bahwa obat tersebut tidak menyebabkan efek samping saat diuji pada manusia, atau hanya menyebabkan efek samping yang tidak signifikan," kata Al-Harbi. 

“Kami juga memeriksa profil perusahaan manufaktur untuk memastikannya mengikuti standar praktik manufaktur yang baik, dan bahwa produk perusahaan secara konsisten diproduksi dan dikendalikan sesuai dengan standar kualitas.”

Dia menambahkan bahwa SFDA juga melakukan pekerjaan yang bagus dalam memastikan bahwa vaksin aman, untuk menghindari risiko apa pun bagi kesehatan orang-orang di Kerajaan.

Selanjutnya: Badan kesehatan AS cabut panduan transmisi udara virus corona




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×