kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrik otomotif di Meksiko mulai dibuka setelah lama ditutup akibat corona


Selasa, 02 Juni 2020 / 09:23 WIB
Pabrik otomotif di Meksiko mulai dibuka setelah lama ditutup akibat corona
ILUSTRASI. Meksiko. REUTERS/Jose Luis Gonzalez TPX IMAGES OF THE DAY


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - CIUDAD JUAREZ. Puluhan ribu pekerja berbaris sebelum fajar terlihat kembali bekerja di pabrik otomotif di sepanjang perbatasan utara Meksiko pada hari Senin waktu setempat. Sektor usaha tersebut merupakan daftar kegiatan penting yang mulai dibuka kembali.

Di perusahaan suku cadang mobil Flex Ltd, staf memeriksa suhu beberapa ratus pekerja satu per satu untuk memasuki pabrik Ciudad Juarez yang memasok Ford Motor Co dan Fiat Chrysler Automobiles NV. Sebuah spanduk menyatakan: “Selamat datang! Kami telah bekerja selama karantina ini untuk memberi Anda pabrik yang aman dan bersih. "

Baca Juga: Ford akan mengoperasikan kembali pabrik di Meksiko pada 28 Mei secara bertahap

Mengutip Reuters, Walikota Ciudad Juarez Armando Cabada memperkirakan 30% tenaga kerja pabrik yang terdiri dari 300.000 orang telah kembali ke pos mereka, sejalan dengan pedoman negara untuk secara bertahap meningkatkan produksi.

Tidak jelas berapa banyak pekerja yang bekerja di berbagai klaster industri. Cabada mendesak warga untuk menjaga kesehatan karena tingkat infeksi yang masih tinggi, sambil mencatat perlunya memulai ekonomi salah satu pusat pabrik utama Meksiko yang memasok produsen mobil asing. "Ada banyak contoh keputus-asaan ... dari orang-orang tanpa makanan," kata Cabada.

Baca Juga: Negara-negara dengan kasus corona tertinggi, berikut daftarnya

Pendukung buruh mempertanyakan apakah reboot itu aman meskipun ada langkah-langkah baru. "Kami tidak yakin perusahaan akan mengambil semua tindakan pencegahan mereka," kata Julia Quinonez, koordinator Komite Perbatasan Pekerja.

Pemerintah Meksiko, yang telah menghitung 10.167 kematian akibat virus corona, memungkinkan perusahaan otomotif, kedirgantaraan, konstruksi dan pertambangan dibuka kembali pada hari Senin. Presiden Andres Manuel Lopez Obrador melakukan perjalanan ke negara bagian Quintana Roo untuk meluncurkan pembangunan kereta wisata.




TERBARU

[X]
×