kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi corona memburuk, Prancis masih kesampingkan penguncian nasional


Rabu, 24 Februari 2021 / 21:03 WIB
Pandemi corona memburuk, Prancis masih kesampingkan penguncian nasional
ILUSTRASI. Seorang pria memakai masker pelindung melihat ke arah komidi putar saat lampu liburan Natal menghiasi Paris City Hall, di tengah penyebaran virus corona, di Paris, Prancis, Minggu (20/12/2020). REUTERS/Gonzalo Fuentes


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - PARIS. Situasi pandemi virus corona baru di Prancis memburuk. Meski begitu, negeri mode ini masih mengesampingkan penguncian secara nasional, dan lebuh memilih pembatasan lokal.

Infeksi virus corona telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan di beberapa wilayah, juru bicara Pemerintah Prancis Gabriel Attal mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan mingguan kabinet, Rabu (24/2).

Salah satunya di French Riviera. Hotspot turis ini dikunci selama dua pekan mendatang untuk menahan Covid-19, yang  menyebar lebih cepat dari tempat lain di Prancis, dan kontrol perbatasan diperketat.

Baca Juga: Indonesia masuk 10 besar negara dengan kasus mingguan virus corona tertinggi di dunia

Mengutip Reuters, Attal menyebutkan, langkah serupa bisa Pemerintah Prancis lakukan di tempat lain, karena situasi pandemi yang memburuk membutuhkan tindakan cepat dan kuat.

Dan, bisa jadi, Dunkirk, kota pesisir Utara Prancis, yang berikutnya dalam daftar penguncian baru, setelah tingkat infeksi mencapai lebih dari 900 per 100.000 orang, hampir sembilan kali lipat dari rata-rata nasional.

Menurut Attal, 10 dari 102 wilayah teritorial Prancis sekarang berada dalam situasi yang sangat mengkhawatirkan. "Kita harus melanjutkan semua upaya untuk menghindari penguncian nasional lagi," katanya.

Tapi, dia menegaskan, tidak ada jaminan bahwa tindakan drastis seperti itu bisa dihindari. Karena itu, ia pun mengingatkan, pemerintah tidak akan ragu untuk memerintahkan penguncian nasional jika dianggap perlu.

Selanjutnya: 14 Gejala virus corona yang masih muncul 6 bulan setelah pasien Covid-19 sembuh




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×