kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PBB: Covid-19 meningkatkan risiko perdamaian di mana-mana


Jumat, 18 September 2020 / 08:43 WIB
PBB: Covid-19 meningkatkan risiko perdamaian di mana-mana


Sumber: Xinhua | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan pada hari Kamis (17/9/2020) bahwa pandemi Covid-19 meningkatkan risiko perdamaian di mana-mana.

"Ini merupakan ancaman besar bagi pihak-pihak yang terjebak dalam konflik, itulah sebabnya saya segera mengajukan seruan untuk gencatan senjata global," kata ketua PBB itu pada upacara lonceng perdamaian PBB pada kesempatan peringatan ke-39 Hari Perdamaian Internasional, yang dirayakan di seluruh dunia setiap tahun pada 21 September.

"Saya akan mengulangi seruan selama Debat Umum minggu depan. Kita perlu membungkam senjata dan fokus pada musuh kita bersama: virus," katanya seperti yang dilansir Xinhua.

Pertemuan tahunan para pemimpin dunia PBB dilakukan secara virtual tahun ini untuk pertama kalinya dalam 75 tahun karena pandemi Covid-19. Hari pertama Debat Umum adalah pada 22 September.

Baca Juga: Data WHO: 1 dari 7 kasus virus corona adalah petugas medis

"Butuh beberapa dekade, bahkan berabad-abad, untuk membangun masyarakat yang damai dan stabil. Tapi perdamaian dapat disia-siakan dalam sekejap oleh kebijakan dan pendekatan yang sembrono dan memecah belah," kata kepala PBB itu.

"Di luar zona perang, pandemi menyoroti dan mengeksploitasi semua jenis ketidaksetaraan, membuat komunitas dan negara saling bertentangan," kata Guterres.

Dia menyerukan upaya untuk mendorong perdamaian di mana pun konflik berkecamuk dan di mana pun ada peluang diplomatik untuk membungkam senjata.

Baca Juga: Soal sanksi nuklir Iran, diplomat PBB: AS seperti tarik pelatuk, tapi tak ada peluru

Acara lonceng perdamaian disiarkan secara global melalui siaran langsung, dengan ketua PBB dan presiden Majelis Umum PBB yang baru, Volkan Bozkir, berdiri di podium yang berjarak tepat, sejalan dengan tindakan COVID-19.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×