kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intelijen AS: Sistem rudal Iran tak sengaja menembak jatuh pesawat komersial Ukraina


Jumat, 10 Januari 2020 / 04:29 WIB
Intelijen AS: Sistem rudal Iran tak sengaja menembak jatuh pesawat komersial Ukraina
ILUSTRASI. Seorang petugas tengah memeriksa lokasi jatuhnya pesawat komersial Ukraina di Iran. (Dok. REUTERS)


Sumber: New York Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. The New York Times memberitakan, sebuah rudal Iran secara tidak sengaja menjatuhkan pesawat jet komersial Ukraina di Iran pada pekan ini. Menurut sejumlah pejabat Amerika dan sekutunya, kejadian tersebut menewaskan semua orang di pesawat. Penemuan ini semakin menambahkan tragis pada peningkatan konflik militer antara Washington dan Teheran.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan negaranya memiliki intelijen bahwa rudal darat-ke-udara Iran menjatuhkan pesawat jet itu, yang membawa 63 warga Kanada di antara sekitar 176 penumpang dan awaknya. Trudeau mengatakan kesimpulannya didasarkan pada tinjauan pendahuluan atas bukti tersebut tetapi menyerukan penyelidikan penuh untuk diyakinkan tanpa keraguan.

"Kami menyadari bahwa ini mungkin dilakukan secara tidak sengaja," kata  Trudeau pada konferensi pers di Ottawa. "Bukti menunjukkan dengan sangat jelas kemungkinan penyebab kecelakaan itu."

Baca Juga: Kecelakaan pesawat di Iran, Presiden Ukraina: Kami pasti akan menemukan kebenaran

Para pejabat Amerika Serikat memiliki "tingkat kepercayaan tinggi" bahwa Iran menjatuhkan pesawat secara tidak sengaja, kata seorang pejabat Amerika. Pejabat itu mengatakan bahwa dua rudal yang ditembakkan dari sistem pertahanan udara Iran, SA-15, menembak jatuh pesawat itu.

Pesawat Ukraina, Boeing 737-800, jatuh pada Rabu pagi. Pesawat itu telah kembali ke bandara Teheran sebelum jatuh dalam ledakan besar beberapa menit setelah lepas landas, menurut laporan awal Iran yang dirilis pada hari Kamis. Laporan itu mengatakan bahwa pesawat, menuju Kyiv, ibukota Ukraina, terbakar sebelum jatuh ke tanah tetapi tidak mengirim sinyal marabahaya.

Baca Juga: Investigasi Iran mengatakan pesawat Ukraina terbakar sebelum kecelakaan

Meskipun Amerika Serikat dan Iran sekarang tampaknya mundur dari konfrontasi militer yang lebih besar, intelijen baru itu menunjukkan bahwa hilangnya nyawa akibat jatuhnya pesawat itu adalah akibat langsung dari meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Satelit Amerika, yang dirancang untuk melacak peluncuran rudal, mendeteksi penembakan pencegat jarak pendek Iran. Badan-badan intelijen Amerika Serikat kemudian melacak komunikasi Iran yang membenarkan bahwa sistem SA-15 menjatuhkan pesawat Ukraina, kata para pejabat.

Sebuah kamera keamanan menangkap dampaknya - pertama kegelapan dini hari, kemudian serangkaian ledakan cahaya yang menyilaukan di kejauhan, diikuti oleh badai puing-puing terbakar di latar depan.

Baca Juga: Sejumlah spekulasi atas jatuhnya pesawat Ukraina yang tewaskan 176 orang di Iran




TERBARU

[X]
×