kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendiri Freeport Jim Bob Moffett meninggal dunia karena Covid-19


Minggu, 10 Januari 2021 / 14:44 WIB
Pendiri Freeport Jim Bob Moffett meninggal dunia karena Covid-19
Salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport Mc Moran, Jim Bob Moffett


Reporter: Filemon Agung, Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport Mc Moran, Jim Bob Moffett, meninggal dunia pada usia 82 tahun. Moffett juga tercatat ikut mendirikan perusahaan eksplorasi Fortune 500 yang terkenal secara internasional dan berkantor pusat di New Orleans, tempat dimana perusahaan ini menjadi pemimpin bisnis utama.

Mengutip wwltv.com, Sabtu (9/1), Moffett meninggal karena komplikasi Covid-19 pada hari Jumat (8/1) di rumahnya di Austin, Texas, menurut penuturan putranya, Bubba, seperti dilansir The Times Picayune. Moffett juga sudah menderita sakit selama beberapa tahun terakhir.

Moffett tercatat mengundurkan diri sebagai Chairman di perusahaan yang dia dirikan bersama rekan-rekannya pada tahun 2015.

Sekarang berbasis di Phoenix, Freeport mengekstraksi tembaga, emas, dan molibdenum dari situs-situs di Amerika Utara dan Selatan dan Indonesia. Pada 2019, pendapatan perusahaan mencapai sekitar US$ 14 miliar.

Baca Juga: Hendropriyono: Edwin Soeryadjaya pernah ingin membeli 100% Freeport McMoran

Freeport mulai didirikan di New Orleans sebagai McMoran Oil & Gas, pada tahun 1969 oleh Moffett dan mitranya Ken McWilliams dan Mack Rankin.  Huruf dari nama belakang mereka digabungkan untuk membentuk nama perusahaan.

Kemudian pada 1981, perusahaan ini bergabung dengan Freeport Minerals Co kemudian membentuk Freeport-McMoRan.

Selama beberapa dekade, selain mengawasi penemuan minyak dan gas perusahaan di Louisiana dan Teluk Meksiko, Moffett, seorang ahli geologi perminyakan, dikreditkan dengan membantu menemukan dan mengembangkan tambang tembaga Grasberg di Indonesia. Deposito tersebut merupakan penghasil emas terbesar dan penghasil tembaga terbesar ketiga di dunia.

Dalam sebuah wawancara tahun 1994, Moffett mengatakan dia bangga dengan peran aktifnya dalam upaya eksplorasi semacam itu, sesuatu yang mungkin diasumsikan oleh beberapa orang bahwa CEO dari perusahaan sebesar itu tidak akan terlibat secara langsung.

"Karena saya tidak memakai jas putih atau model rambut Al Einstein, orang tidak menyadari bahwa saya seorang ilmuwan. Saya menghabiskan 90% waktu saya untuk hal-hal eksplorasi teknologi tinggi yang sangat menyenangkan," kata Moffett.

Moffett adalah penduduk asli Houma yang tumbuh di Golden Meadow. Ayahnya seorang pekerja ladang minyak keliling. Ketika Moffett berusia lima tahun, ayahnya meninggalkan dia dan saudara perempuan serta ibunya, yang memindahkan keluarganya ke Houston.

"Kami mengalami masa sulit," kata Moffett kepada kolumnis Times-Picayune Angus Lind pada tahun 1994. "Kami memiliki rumah yang rusak, menjalani kehidupan seperti proyek perumahan, tetapi tidak ada yang mempertimbangkannya karena kami tidak tahu yang lebih baik."

Baca Juga: Jim Bob resmi mundur dari Freeport 31 Desember

Setelah sekolah menengah, Moffett mendapatkan beasiswa sepak bola ke Universitas Texas di Austin, di mana ia bermain untuk pelatih legendaris Longhorn, Darrell Royal. Dia mengambil jurusan geologi.

"Semua tes bakat saya mengatakan sains, tetapi saya benci matematika. Geologi tampaknya menjadi sesuatu yang bisa saya dapatkan. Itu adalah sains yang berwujud vs. yang tidak berwujud," katanya pada tahun 1994.

Moffett masuk ke Universitas Tulane untuk mendapatkan gelar masternya dan tinggal di New Orleans.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×