kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,43   -23,30   -2.42%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyidik Turki sisir hutan Kota Istanbul dalam kasus Khashoggi


Senin, 22 Oktober 2018 / 08:45 WIB
Penyidik Turki sisir hutan Kota Istanbul dalam kasus Khashoggi
ILUSTRASI. Jurnalis Indonesia menggelar aksi solidaritas kasus hilangnya jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi


Sumber: DW.com | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - DW. Media pro-pemerintah di Turki memberitakan, para penyelidik memeriksa sebuah hutan kota Istanbul dalam upaya mengungkap nasib Jamal Khashoggi.

Khashoggi adalah seorang wartawan Arab Saudi yang lari ke AS dan menjadi kontributor Washington Post. Dia sering mengkritisi kebijakan Arab Saudi dan Putra Mahkota Pangeran Salman. Dia dinyatakan hilang sejak 2 Oktober lalu setelah mendatangai konsulat Arab Saudi di Istanbul untuk keperluan administratif.

Turki mengatakan, Jamal Khashoggi telah dibunuh di konsulat Istanbul oleh tim komando yang datang khusus dari Arab Saudi dan berangkat lagi meninggalkan Turki pada 2 Oktober. Menurut kepolisian Turki, tim komando itu terdiri dari 15 orang, termasuk ahli forensik dan pengawal pribadi Pangeran Salman. Pemerintah Arab Saudi menolak keras tuduhan itu.

Trump: Khashoggi sudah mati

Presiden AS Donald Trump hari Kamis (18/10) mengatakan, dia sekarang percaya bahwa Khashoggi telah mati.

Sejak Kamis kemarin, para penyidik Turki melakukan pencarian di Hutan Beograd di sisi Eropa kota Istanbul, kata harian Turki Cumhuriyet dan penyiar NTV.

Hutan dengan area yang cukup luas itu agak terpencil, bahkan penduduk setempat sering tersesat di dalam hutan. Hutan itu berjarak hampir 15 kilometer dari konsulat Saudi.

Daerah hutan itu menjadi target penyelidikan setelah polisi memusatkan perhatian pada kendaraan yang meninggalkan gedung konsulat pada hari Khashoggi menghilang, kata televisi NTV. Setidaknya satu kendaraan diduga telah pergi ke hutan.

Rumah konsul Arab Saudi digeledah

Polisi Turki minggu ini melakukan penggeledahan selama sembilan jam di rumah konsul jenderal Arab Saudi di Istanbul (foto artikel). Konsul Mohammed al-Otaibi dilberitakan sudah meninggalkan Istanbul menuju Riyadh hari Selasa (16/10).

Harian Sabah yang pro pemerintah hari Jumat menerbitkan gambar-gambar baru hasil rekaman CCTV yang menunjukkan beberapa anggota tim komando Saudi tiba di Istanbul tanggal 1 Oktober. Sebelumnya, media lokal mengatakan tim komando Saudi datang dengan dua pesawat pribadi pada hari Khashoggi menghilang. Mereka kemudian kembali ke Riyadh melalui Mesir dan Dubai.

Rekaman CCTV juga menunjukkan seroang yang diidentifikasi sebagai Maher Abdulaziz Mutreb, yang disebut-sebut sebagai pengawal pribadi Pangeran Salman, terlihat memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul, 2 Oktober 2018, sebelum jurnalis Jamal Khashoggi datang ke konsulat itu. Rekaman CCTV lain menunjukkan Mutreb sedang meninggalkan rumah konsul Arab Saudi yang terletak tidak jauh dari gedung konsulat.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×