kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perdagangan minyak AS terancam terganggu tarif impor untuk Meksiko


Sabtu, 01 Juni 2019 / 07:54 WIB
Perdagangan minyak AS terancam terganggu tarif impor untuk Meksiko


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - HOUSTON. Bak melempar bumerang, ancaman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengenakan pajak impor semua barang dari Meksiko dapat memukul balik AS. Kebijakan itu akan mengganggu perdagangan energi lintas-batas yang telah berlangsung lama.

Bukan itu saja, tarif impor itu akan menghantam konsumen dan penyulingan minyak AS yang menggunakan minyak dari Meksiko karena akan mengerek harga. Sekaligus meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan pembalasan oleh Meksiko yang merupakan pembeli terbesar produk energi AS.

Catatan Reuters, Meksiko mengirim 600.000 hingga 700.000 barel minyak ke AS setiap hari, sebagian besar ke pabrik penyulingan yang mengolah minyak mentah itu menjadi bensin, solar, dan produk lainnya.

Sebaliknya, Meksiko membeli lebih dari 1 juta barel per hari (bph) minyak mentah dan bahan bakar AS, lebih banyak dari negara mana pun, dan analis khawatir bahwa tarif balasan dari Meksiko dapat mengganggu perdagangan itu.

"Saya tidak bisa melihat bagaimana hasilnya akan konstruktif," kata Carlos Pascual, mantan duta besar AS untuk Meksiko yang sekarang membantu menjalankan konsultasi bisnis energi global IHS Markit seperti dikuitp Reuters.

Trump pada Kamis lalu (30/5) menyatakan akan memberlakukan tarif pada semua barang yang datang dari Meksiko, mulai dari 5% dan meningkat setiap bulan sampai lonjakan imigran tidak berdokumen dari seberang perbatasan mereda.

Meksiko dan Amerika Serikat, bersama dengan Kanada, sedang mencoba untuk menyelesaikan perjanjian perdagangan bebas yang lebih luas untuk menggantikan kesepakatan NAFTA yang sudah berusia 25 tahun. Jika diterapkan, tarifnya akan dimulai 10 Juni. Sejauh ini Meksiko belum menyatakan akan membalas tarif impor AS tersebut.

"Pengenaan tarif dapat memacu tindakan pembalasan yang mengganggu pengembangan pasar baru," kata juru bicara Chevron Corp. Ia menambahkan pihaknya mendukung perdagangan yang bebas dan adil. Chevron telah membuka 100 toko bensin eceran di Meksiko sejak 2017.

Kelompok perdagangan American Fuel and Petrochemical Manufacturers mengingatkan bahwa tarif dapat menaikkan harga bahan bakar domestik dan membahayakan kesepakatan perdagangan yang diusulkan. American Petroleum Institute mengatakan, pajak itu dapat merugikan ekonomi AS.

Kebijakan arif impor dapat menambah US$ 2 juta untuk biaya pembelian minyak mentah harian Meksiko oleh pabrik penyulingan minyak  AS, demikian analis di PVM Oil Associates menyebutkan.

Penurunan tajam dalam pasokan dari Meksiko dapat meningkatkan biaya bahan bakar secara keseluruhan jika kilang AS dipaksa untuk membeli minyak mentah dari tempat yang jauh sehingga menambah biaya pengiriman.

"Pemerintahan Trump menempatkan dirinya dalam situasi di mana ia dapat menciptakan pasar minyak mentah yang jauh lebih ketat dan dapat berdampak pada harga bensin dan memaksa para penyuling menyesuaikan papan tulis produk mereka karena kekurangan," kata Pascual.




TERBARU

[X]
×