kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertumbuhan ekonomi naik di kuartal III-2019, Singapura bisa lolos dari resesi


Kamis, 21 November 2019 / 10:02 WIB
Pertumbuhan ekonomi naik di kuartal III-2019, Singapura bisa lolos dari resesi
ILUSTRASI. Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Singapura


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Ekonomi Singapura pada kuartal III-2019 tumbuh lebih cepat dari perkiraan semula. Data resmi yang dirilis Kamis (21/11) mengonfirmasi bahwa ekonomi Asia bisa lolos dari resesi dengan dibantu membaiknya sektor manufaktur.

Mengutip Reuters, pemerintah Singapura juga mempersempit perkiraan pertumbuhan ekonominya menjadi 0,5%-1%, dari kisaran proyeksi sebelumnya 0,0%-1%.

Produk domestik bruto (PDB) naik 0,5% secara tahunan, lebih cepat dari perkiraan awal sebelumnya 0,1%.

Baca Juga: Data ekonomi China semakin memburuk, bursa saham Asia jatuh

Ekonomi Singapura tumbuh 2,1% pada kuartal III-2019 dibanding kuartal sebelumnya. Pertumbuhan ini lebih tinggi dari perkiraan awal pemerintah sebesar 0,6%.

"Ada tanda-tanda stabilisasi dalam ekonomi global meskipun pertumbuhan global masih lemah," kata Sekretaris permanen untuk perdagangan dan industri Gabriel Lim seperti dikutip Reuters.

Ia menambahkan, sektor manufaktur Singapura juga telah berkinerja lebih baik dari yang diharapkan dalam beberapa bulan terakhir.

Bulan lalu, Bank Sentral Singapura melonggarkan kebijakan moneter untuk pertama kalinya dalam tiga tahun guna menopang pertumbuhan ekonomi yang melambat. Berbicara setelah rilis data Kamis, seorang pejabat bank sentral mengatakan kebijakan itu tetap sesuai.

Singapura, seperti ekonomi negara Asia lainnya yang bergantung pada perdagangan terpukul oleh perang dagang Amerika Serikat-China yang meningkat dan perlambatan ekonomi global yang lebih luas, telah memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi dua kali dalam tahun ini.

Sektor manufaktur yang terpukul tahun ini membukukan kenaikan pertama dalam lima bulan pada September karena lonjakan output sektor farmasi.

Baca Juga: Investor asing borong surat utang Asia selama 6 bulan beruntun, Indonesia tertinggi

Data resmi yang dirilis Senin lalu menunjukkan ekspor Singapura pada Oktober menyusut dalam delapan bulan berturut-turut dan lebih buruk dari ekspektasi analis karena pengiriman data elektronik yang menurun.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×