kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan asuransi Warren Buffett raup laba hingga US$ 6,88 miliar


Minggu, 04 November 2018 / 14:24 WIB
Perusahaan asuransi Warren Buffett raup laba hingga US$ 6,88 miliar
ILUSTRASI. Orang Terkaya di Dunia - Warren Buffett


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Perusahaan milik miliader Amerika Serikat Warren Buffett, yaitu Barkshire Hathaway Inc mencatatkan perolehah laba yang signifikan di kuartal III-2018. Bisnis asuransi telah menyumbang perolehan laba terbesar, berkat strategi perusahaan menghadapi tantangan industri dan mendapat manfaat dari penetapan pajak yang rendah.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (3/11), dengan perolehan laba tersebut membuat Buffet bisa meraup uang lebih banyak dan kemudian diberikan kapada investor meski mereka tengah berburu saham-saham bagus di harga murah (bargain hunting). Namun, mereka memilih menempatkan pendapatannya untuk membeli kembali saham Barkshire Hathaway senilai US$ 928 juta saham.

Sampai dengan kuartal III-2018, perusahaan yang bermarkas di Omaha AS ini memperoleh laba sebesar US$ 6,88 miliar, atau meningkat 100% dari realisasi tahun lalu yakni US$ 3,44 miliar. Perolehan tersebut lebih tinggi dari perkiraan Wall Street sebesar US$ 6,11 miliar.

Beberapa indikator telah membantu mendorong bisnis asuransi Buffet dari estimasi liabilitas dan penetapan pajak yang lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya. Perusahaan ini fokus pada bisnis asuransi properti, kecelakaan dan reasuransi. Padahal tahun lalu, Barkshire Hathaway mengalami kerugian besar akibat membayar klaim bencana tiga badai di Amerika Serikat dan gempa bumi di Meksiko.

Di periode yang sama, Barkshire Hathaway mencatatkan pendapatan underwriting US$ 441 juta, naik signifikan dibandingkan tahun lalu yang mengalami kerugian sebesar US$ 1,4 miliar.

“Ini merupakan laporan laba kuartalan terbesar yang pernah dikeluarkan perusahaan di Amerika Serikat,” kata CEO Smead Capital Management sekaligus pemegang saham Barkshire Hathaway, Bill Smead.

Pihak Barkshire Hathaway mengatakan, perolehan laba bersih di kuartal III-2018 naik lebih dari 355% menjadi US$ 18,5 miliar, meskipun itu mencerminkan aturan akutansi baru yang mengharuskan melaporkan keuntungan investasi yang belum direalisasi dengan laba. Buffer mengatakan aturan itu dapat mengarah pada hasil perhitungan yang liar dan berubah-ubah, serta dapat menyesatkan para investor, maka sebagai gantinya harus melihat akutansi pada laba operasi.

Sementara tarif pajak efektif Berkshire untuk kuartal III-2018 adalah 19,2%, lebih rendah dibandingkan periode tahun lalu mencapai 25,3%. Hal ini berkat kebijakan pengurangan pajak yang ditandatangi secara resmi oleh Presiden Donald Trump pada Desember lalu. Banyak perusahaan AS melaporkan telah terpengaruh oleh dampak kebijakan tersebut.

Bisnis asuransi ini telah menyediakan aliran uang tunai yang diinvestasikan oleh Barkshire Hathaway ke seluruh dunia. Presmi asuransi yang dikumpulkan sebelum klaim dibayarkan telah membantu pertumbuhan bisnis perusahaan yang mencapai US$ 188 miliar hingga akhir September 2018. Perusahaan mempunyai US$ 103,6 miliar dalam bentuk kas, dan treasury jangka pendek atau investasi serupa lainnya.




TERBARU

[X]
×